Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Sekolah Pariwisata di Indonesia, Pelajar Wajib Tahu

Kompas.com - 17/11/2023, 13:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan pariwisata merupakan jurusan yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pariwisata seperti manajemen destinasi, tour and travel, hingga perhotelan.

Jurusan ini diminati oleh banyak orang setiap tahunnya. Selain itu, lulusan dari jurusan pariwisata memiliki peluang kerja yang cukup luas, mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pariwisata atau Dinas Pariwisata, tour guide atau tour leader, konsultan, event organizer hingga travel blogger.

Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisata alam yang indah dan menjadi daya tarik untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga: Biaya Kuliah S2 di ITB 2023, Buka Pendaftaran Gelombang 2

Di Indonesia, sudah ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata yang dapat dipilih untuk melanjutkan studi.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terdapat 6 sekolah pariwisata:

6 Sekolah Pariwisata di Indonesia

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB)

Sekolah tinggi yang terletak di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat. Dulu, sekolah ini dikenal dengan nama NHI. Memiliki beragam studi untuk jenjang D3 dan D4. Salah satu program studi unggulannya dibidang kuliner.

Baca juga: 79 Perguruan Tinggi Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

2. Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik yang berada di Bali dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri pariwisata di sana. Politeknik ini memiliki fokus untuk menciptakan SDM unggul di bidang pariwisata. Beberapa program studi yang ditawarkan meliputi D3 seni kuliner, D3 tata hidang, D3 divisi kamar, D4 usaha perjalanan wisata, S1 destinasi pariwisata.

3. Politeknik Pariwisata Makassar

Sebelumnya, politeknik ini dikenal dengan nama Akademi Pariwisata (Akpar) Makassar. Kampus ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi pariwisata negeri di Kalimantan. Memiliki jenjang pendidikan D3 dan D4. Di daerah ini memiliki keunggulan dalam bidang wisata bahari (perairan).

Baca juga: Sekolah Cendikia Harapan Suarakan Pariwisata Adil dan Lestari untuk Indonesia Emas 2045

4. Politeknik Pariwisata Medan

Politeknik yang berada di Medan ini memiliki konsentrasi serius dalam bidang pariwisata khususnya Geopark Kaldera Toba. Beberapa program studi yang tersedia diantaranya seni kuliner, destinasi wisata, perjalanan wisata, manajemen perencanaan dan pemasaran pariwisata, pengelolaan perhotelan.

5. Politeknik Pariwisata Palembang

Politeknik yang terletak di Palembang ini menawarkan jenjang studi D3 dan D4. Memiliki 4 program studi diantaranya pengelolaan konvensi acara, divisi kamar, seni kuliner, dan tata hidang.

6. Politeknik Pariwisata Lombok

Perguruan tinggi yang memiliki 4 program studi yaitu D3 seni kuliner, D3 tata hidang, D3 divisi kamar, dan D4 perjalanan wisata.

Baca juga: Ingin Kerja Bidang Pariwisata? Ini Jurusan di SMK dan Prospek Kariernya

Itulah 6 sekolah pariwisata di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk mendaftar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com