Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog Unair: Tidur Siang Pengaruhi Konsentrasi Anak

Kompas.com - 15/11/2023, 17:42 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Atika Dian Ariana mengaku tidur siang sangat penting bagi konsentrasi anak. Hal itu didapat setelah dirinya melakukan penelitian.

"Tidur siang membantu menjaga tingkat hormon yang menyebabkan kantuk. Sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas siswa," kata dia dikutip dari laman Unair, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Ayah Lakukan dalam Mengasuh Anak

Atika menjelaskan, tidur siang yang efektif memiliki durasi ideal antara 10 hingga 30 menit.

Meskipun tidur siang singkat memberikan dampak positif, sangat penting membiasakan diri dengan kebiasaan tersebut.

"Perbedaan dampak terjadi antara tidur siang singkat dan tidur siang yang lebih lama, satu siklus tidur dapat mengakibatkan rasa linglung dan mengganggu konsentrasi," ucap Atika.

Atika menyebut ada beberapa persiapan sebelum anak tidur siang, yakni mencari tempat yang nyaman dan mengatur alarm.

Dalam konteks sekolah, dia menyarankan adanya ruang khusus untuk tidur siang, menjauhi tempat yang tidak ergonomis, seperti kursi atau meja.

"Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, kita dapat memaksimalkan manfaat tidur siang. Terutama dalam situasi belajar di sekolah. Siswa yang konsentrasi tinggi akan berdampak positif pada peningkatan produktivitas," ucap dia.

Meskipun bukan ahli dalam psikologi pendidikan, Atika menyoroti peran penting kolaborasi antar-ranah ilmu.

Dia menggarisbawahi perlunya integrasi konsep psikologi klinis dalam pengembangan kurikulum untuk mendukung kebutuhan psikologis siswa.

"Kolaborasi antara berbagai disiplin ilmu dapat memperkaya pendekatan pendidikan dan menciptakan kurikulum yang lebih holistik," ujar Atika.

Tips agar anak-anak mudah tidur siang

Atika memberikan tips praktis bagi orangtua dan pendidik untuk mendukung tidur siang yang efektif pada anak-anak.

Salah satunya adalah mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk tidur siang di rumah atau menyediakan ruang khusus di sekolah.

Baca juga: Cerita Nilal, Putri Buruh Angkut Lulus Tanpa Skripsi dengan IPK 3,92

Pengaturan waktu tidur siang juga menjadi faktor kritis, dengan disarankan agar dilakukan antara jam 13.00-15.00, agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur malam.

"Dengan memahami peran tidur siang dan mengimplementasikannya dengan baik, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan membantu anak-anak berkembang secara holistik," pungkas Atika.

Atika berharap temuan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur siang dalam pengembangan konsentrasi dan produktivitas anak-anak.

Baca juga: 7 Kegiatan Seru di Rumah bagi Anak PAUD

Dengan demikian, dapat diambil langkah-langkah konkret untuk menerapkannya dalam konteks pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih optimal dan mendukung pertumbuhan anak-anak secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com