Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UIN Raden Fatah Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Kompas.com - 14/11/2023, 19:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memperoleh akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai 371.

UIN Raden Fatah menyusul UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang lebih dulu mendapat akreditasi unggul.

Baca juga: UIN Ar-Raniry Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Nyayu Khadijah mengatakan, pencapaian ini merupakan prestasi bersama tim UIN Raden Fatah Palembang.

Prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan pimpinan Kemenag, khususnya Menteri Agama, Dirjen Pendis, dan Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, beserta perangkatnya.

"Alhamdulillah berkat dukungan dan doa dari banyak pihak dan kerja sama tim yang luar biasa dengan semangat dan loyalitas yang tinggi serta kecintaan pada institusi yang besar, UIN Raden Fatah Palembang dapat terakreditasi unggul," ucap dia dikutip dari laman Kemenag, Selasa (14/11/2023).

Dia menyebut, pencapaian ini merupakan hasil dari perjuangan panjang selama dua tahun, mulai persiapan hingga proses Asesmen Lapangan dari BAN-PT.

Adapun submit pengajuan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN Raden Fatah Palembang dilakukan pada Oktober 2023.

Satu bulan setelahnya, lalu dilaksanakan proses asesmen lapangan.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Menurut QS AUR 2024

"Setelah persiapan dua tahun pengajuan APT, akhirnya kami memperoleh akreditasi unggul. Ini merupakan kado akhir tahun yang sangat indah buat civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang," ungkap Nyayu.

Sebagai kampus dengan akreditasi Unggul, lebih dari 50 persen program studi (Prodi) UIN Raden Fatah Palembang telah memperoleh akreditasi unggul.

Hal ini juga menjadi pencapaian yang bagus untuk meningkatkan perguruan tinggi yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag, Ahmad Zainul Hamdi mengapresiasi kerja keras rektor dan tim UIN Raden Fatah Palembang.

Kerja keras itu, sebut dia, telah berbuah hasil berupa akreditasi unggul dari BAN-PT.

Baca juga: 14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024

"Dahsyat dan keren. Kami sangat mengapresiasi atas pencapaian UIN Raden Fatah Palembang," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com