Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Beasiswa S1-S3 Tahun 2024 Tanpa Tes Tulis, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 13/11/2023, 17:09 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian tulis atau tes tulis biasanya umum ditemui dalam tahap seleksi mendapatkan beasiswa S1, S2, atau S3. Namun, ada beberapa beasiswa ke luar negeri tanpa tes tulis bagi pelamarnya. 

Beberapa beasiswa ini bahkan memberikan biaya pendidikan penuh atau fully funded. Sehingga, mahasiswa yang lolos bisa kuliah gratis dengan tenang.

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 ke Luar Negeri Tanpa Surat Rekomendasi

Dirangkum Kompas.com, ada 5 beasiswa ke luar negeri tanpa tes yang perlu dicoba.

5 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri Tanpa Tes 

1. Global Korea Scholarship

Beasiswa S1, S2, dan S3 ke Korea Selatan ini selalu menjadi incaran mahasiswa Indonesia. Sebab, selain bisa kuliah gratis, ada banyak tunjangan dan akomodasi yang didapat.

Selain itu tidak ada ujian tulis bagi para pendaftar. Kamu cukup melampirkan beberapa dokumen seperti ijazah pendidikan terakhir, sertifikat bahasa, dan transkrip nilai.

2. MoE Taiwan Scholarship

Beasiswa dari pemerintah Taiwan ini menawarkan tunjangan pendidikan sebesar 40,000 dollar Taiwan atau Rp 19 juta serta bantuan biaya hidup mencapai NT$ 15,000-20,000 dollar Taiwan atau sekitar Rp 7-8 juta per bulan untuk jenjang S1 hingga S3.

Terlebih lagi, sebagai pendaftar kamu tidak perlu melalui tahap tes tulis apapun. Cukup melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan termasuk sertifikat Bahasa Inggris seperti TOEFL ITP dan lainnya.

Baca juga: 4 Beasiswa S1-S3 Khusus Perempuan Tanpa IPK dan TOEFL, Tunjangan Besar

3. Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa fully funded dari Pemerintah Turki ini juga membebaskan para pendaftarnya dari segala bentuk ujian tulis.

Tak hanya itu, bagi para penerima beasiswa juga akan mendapat fasilitas berupa biaya kuliah penuh, akomodasi, uang makan hingga kursus bahasa Turki gratis.

4. Singapore Management University (SMU) Scholarship

Beasiswa jenjang S1 ini menawarkan biaya kuliah untuk setiap tahun akademik, uang saku yang akan diberikan setiap tahun, bantuan laptop atau komputer dan akomodasi.

Tahap seleksinya juga tidak ribet. Pendaftar akan diseleksi berdasarkan dokumen dan formulir sesuai dengan kriteria.

Bila lolos maka akan dihubungi untuk wawancara dan tes esai tulis (khusus Jurusan Hukum) secara daring.

5. The Banach Scholarship

Beasiswa ini merupakan program kerjasama dari The Ministry of Foreign Affairs and the National Agency for Academic Exchange NAWA dengan Banach Scholarship Programme.

Beasiswa ini ditujukan kepada para mahasiswa internasional untuk bisa berkuliah di Polandia dengan tunjangan yang besar. Beasiswa ini umumnya hanya diberikan kepada mereka dengan lulusan S1 di bidang teknik, pertanian, dan ilmu eksakta.

Tidak ada tes tulis dan tanpa wawancara. Cukup dengan seleksi berkas saja. Meski begitu, persiapkan dokumen dengan maksimal agar bisa lolos. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com