Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rika, Raih Beasiswa Kuliah "Double Degree" Gratis ke Jepang

Kompas.com - 08/11/2023, 12:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa kuliah double degree, atau lulus dengan dua gelar dari kampus dalam dan luar negeri lewat Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dirasakan langsung oleh Rika Zahera.

Saat ini Rika adalah mahasiswa program doktor atau S3 dari program studi (Prodi) Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University.

Ia  mendapatkan beasiswa program Double Degree (DD) di Course Biosciences, Animal Function and Nutrition Laboratory, Graduate School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang dengan pembiayaan dari BPI. 

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri dengan Syarat IPK di Bawah 3,00

Beasiswa Pendidikan Indonesia adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang dibuka untuk jenjang S1 sampai S3. Pendaftaran sendiri dibuka sekitar pada bulan Mei atau Juni setiap tahun. Beasiswa ini menawarkan pembiayaan full kuliah di luar negeri, termasuk memberikan tunjangan hidup mahasiswa. 

Sementara Rika Zahera menjelaskan pengalaman mendaftar program double degree. Ia melakukan entrance examination melalui online interview setelah mendapatkan persetujuan dan mendaftar sebagai mahasiswa Hokkaido University. 

“Saya harus memastikan program beasiswa yang didapatkan ini dapat mencukupi biaya hidup selama studi di Hokkaido University serta mendapatkan persetujuan Prof Satoshi Koike sebagai supervisor saya di Hokkaido University yang memulai studi di bulan Oktober 2023,” jelasnya, dilansir dari laman IPB University pada Rabu,(8/11/2023).

Baca juga: Beasiswa S2 Double Degree ke Oxford, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 338 Juta

Rika menyebut, salah satu syarat wajib untuk mendaftar beasiswa adalah memiliki bukti kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara dua perguruan tinggi.

Saat ini SPs IPB University memiliki kerjasama dengan Graduate School of Agriculture Hokkaido University, Jepang sehingga memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan beasiswa dari BPI. Hokkaido University sendiri termasuk perguruan tinggi terbaik di Jepang yang sering menerima mahasiswa bidang studi sains dan teknologi. 

Rika Zahera memberikan pesan bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan program ini, yaitu perlunya melakukan perencanaan yang matang dan kerja keras,

“Proses mendaftar beasiswa skema DD ini perlu komitmen yang kuat, mulai dari menentukan topik riset, melakukan kontak dengan calon supervisor, hingga akhirnya diterima sebagai calon mahasiswa DD,” tambahnya.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Ia sendiri berharap bisa dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan tepat waktu, terutama dalam pelaksanaan penelitian dengan dua topik yang berbeda dan syarat kelulusan baik di IPB University maupun Hokkaido University.

“Dengan mengikuti program DD ini dapat menambah pengalaman, baik dengan dosen maupun mahasiswa di Hokkaido University, sehingga dapat membangun peluang kolaborasi internasional nantinya, terutama di bidang riset dan akademik,” tutup Rika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com