Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Syarat Daftar Program MSIB 2023, Ada Uang Saku bagi Mahasiswa

Kompas.com - 03/11/2023, 08:22 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 sudah dibuka.

Mahasiswa yang melewatkan kesempatan mendapatkan pengalaman mengeksplorasi diri di dunia profesional melalui program ini.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program persiapan karier yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui mahasiswa saat mendaftar program ini, kamu akan mendapatkan uang saku dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau dari mitra.

Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 Sudah Dibuka

Syarat daftar program MSIB

Selain itu, kegiatan Merdeka Belajar selama 1 semester disetarakan dengan 20 SKS. Sebanyak 20 SKS tersebut dinyatakan dalam bentuk kompetensi yang diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti program itu. Baik dalam kompetensi keras (hard skills) maupun kompetensi halus (soft skills) sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan.

Dilansir dari laman resmi Kampus Merdeka, Kamis (2/11/2023) berikut persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mendaftar program MSIB batch 6.

  • Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.
  • Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  • Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat mendaftar program MSIB: untuk mahasiswa D2/D3/D4 minimal semester 2, sementara untuk mahasiswa S1 minimal semester 4
  • Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.
  • Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.


Baca juga: 20 Jurusan Paling Ketat UNS di SNBP 2023, Referensi Daftar 2024

Ada beberapa ketentuan lain yang perlu diketahui mahasiswa saat mendaftar program MSIB. Perhatikan informasi lengkapnya:

  • Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.
  • Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.
  • Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbud Ristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa Kemdikbud Ristek.
  • Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Persyaratan dokumen untuk daftar MSIB

Berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuan mendaftar program MSIB:

1. Curriculum Vitae: Tidak ada template baku untuk dokumen ini, namun dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.

2. Transkrip Nilai: Transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.

3. Surat Rekomendasi Universitas: Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM): SPTJM Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

5. Foto/Scan KTP: Pastikan hasil scan jelas dan tidak buram.

6. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional): Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Jadwal program MSIB yang perlu diperhatikan mahasiswa yang ingin mendaftar:

Adapun jadwal program MSIB tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran dan kelengkapan administrasi Mahasiswa Mahasiswa melakukan pendaftaran ke program yang diminati melalui platform Kampus Merdeka dan mengumpulkan dokumennya secara lengkap pada saat pendaftaran): 1 November – 31 Desember 2023
  • Verifikasi berkas administrasi mahasiswa: : 1 November – 31 Desember 2023
  • Proses seleksi mahasiswa (Mitra menyeleksi Mahasiswa dan melakukan offering pada platform): 1 – 31 Januari 2024
  • Pelaksanaan program: 16 Februari – 30 Juni 2024

Baca juga: 10 Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Demikian informasi mengenai syarat mendaftar program MSIB 2023 yang perlu diketahui mahasiswa. Mahasiswa bisa melengkapi persyaratan dan mendapatkan semua manfaat positif dari program MSIB 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com