Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Sekolah Gratis di SMA Pradita Dirgantara? Ini Jalur dan Syaratnya

Kompas.com - 31/10/2023, 08:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025 di SMA Pradita Dirgantara akan dibuka Desember 2023.

SMA Pradita Dirgantara (PD) merupakan sekolah swasta yang berada di Boyolali, Jawa Tengah dan merupakan SMA terbaik di Jawa Tengah.

SMA Pradita Dirgantara didirikan 2018 dan berada di bawah naungan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini). Jadwal PPDB 2024 di SMA Pradita Dirgantara sudah diinformasikan di laman resminya.

"PPDB SMA Pradita Dirgantara akan dibuka pada Desember 2023. Informasi resmi berikutnya akan diupdate secara berkala melalui laman resmi ini dan Instagram SMA PD," dikutip dari laman SMA Pradita Dirgantara, Senin (30/10/2023).

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Sekolah gratis di SMA Pradita Dirgantara

Meski berstatus sekolah swasta dan masuk dalam deretan SMA terbaik di Indonesia, ternyata siswa siswi yang lolos diterima di SMA Pradita Dirgantara bisa bersekolah secara gratis.

Dilansir dari laman resminya, apabila siswa berhasil lolos SMA Pradita Dirgantara, siswa tidak akan diminta membayar uang pendaftaran, biaya seleksi maupun uang pangkal alias gratis sekolah.

Komponen pembiayaan lainnya termasuk uang makan saat di asrama, SPP, dan lain sebagainya adalah gratis.

Namun ada kategori biaya yang harus dibayarkan oleh pihak orangtua mulai angkatan ke-IV, 2021, yakni laptop (Macbook) yang bisa dibeli secara mencicil selama tiga tahun dan menjadi milik pribadi.

Orangtua siswa juga bisa melakukan pembelian Macbook secara mandiri dengan syarat sesuai dengan spek yang telah ditentukan pihak sekolah.

Pada awal masuk sekolah di SMA Pradita Dirgantara, siswa akan diberikan seragam secara gratis. Namun bila terjadi perubahan ukuran seragam seiring dengan pertumbuhan fisik siswa (atau seragam rusak), maka biaya ini ditanggung oleh orangtua siswa.

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah S2 di Universitas Terbuka

Jalur masuk SMA Pradita Dirgantara

Dilansir dari laman resmi SMA Pradita Dirgantara, berikut informasi mengenai jalur masuk dan syarat daftar SMA Pradita Dirgantara.

Mengacu pada PPDB 2023 di SMA Pradita Dirgantara, berikut jalur masuk yang dibuka SMA Pradita Dirgantara:

Jalur reguler

  • Adapun jalur reguler bagi calon peserta didik yang nanti dapat memenuhi syarat umum maupun khusus.

Jalur prestasi

  • Sedang jalur prestasi bagi calon peserta didik baru yang memenuhi persyaratan dan memiliki prestasi di bidang sains.

Siswa yang bisa memilih jalur prestasi saat mendaftar SMA Pradita Dirgantara adalah siswa peraih medali olimpiade sains tingkat internasional atau peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan Puspresnas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com