Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Daftar SMA Pradita Dirgantara? Kenali Jenis Materi Ujiannya

Kompas.com - 26/08/2023, 14:58 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu sekolah terbaik di Indonesia, SMA Pradita Dirgantara kerap diminati ribuan siswa kelas 9 tiap tahunnya.

Perlu diketahui bahwa saat mendaftar di SMA Pradita Dirgantara yang berada di kompleks Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adi Soemarmo, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, siswa akan mengikuti beberapa seleksi, yakni Seleksi Daerah dan Seleksi Pusat. 

Seleksi Daerah pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Pradita Dirgantara adalah tahap penting untuk mengetahui kemampuan dasar dan awal calon siswa (casis) SMA Pradita Dirgantara.

Sehingga saat mengikuti seleksi daerah, pastikan para calon siswa dalam kondisi fit dan fokus.

Baca juga: Apakah SMA Taruna Nusantara Gratis? Ini Info Berikut Fasilitasnya

Materi yang diujikan di Seleksi Daerah SMA Pradita Dirgantara

Dilansir dari laman SMA Pradita Dirgantara, Sabtu (26/8/2023) materi yang diujikan di Seleksi Daerah SMA Pradita Dirgantara Materi yang diujikan pada seleksi daerah adalah mata pelajaran Matematika, IPA, dan bahasa Inggris.

Selain tes akademik, pada seleksi daerah ini akan dilakukan tes psikologi dan tes kesehatan umum.

SMA Pradita Dirgantara juga memberi tips agar calon siswa baru lolos seleksi daerah yakni Mulai untuk mempelajari soal-soal Olimpiade sedini mungkin.

Materi yang diujikan di Seleksi Pusat SMA Pradita Dirgantara

Seleksi Pusat adalah tahap terakhir dan paling penting untuk mengetahui kemampuan utama calon siswa setelah mengikuti seleksi daerah.

Seleksi ini akan diadakan di Boyolali, pastikan tubuh calon siswa dalam kondisi sehat, dokumen-dokumen lengkap, jangan lupa berdoa, dan mohon dukungan orangtua.

Baca juga: Adakah Syarat Tinggi Badan untuk Masuk SMA Taruna Nusantara? Cek Infonya

Pada seleksi Pusat, materi yang diujikan ama dengan Seleksi Daerah. Perbedaannya adalah pada tingkat kesulitan soal.

Mata pelajaran yang diujikan juga sama, yakni Matematika, IPA, dan bahasa Inggris. Ketiga mata pelajaran ini akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Selain tes akademik, pada seleksi pusat ini akan dilakukan tes psikologi, tes kesehatan umum, tes kesehatan jiwa, dan wawancara siswa serta orang tua/wali.

Agar lolos Seleksi Pusat SMA Pradita Dirgantara, calon siswa bisa memulai mempelajari soal-soal olimpiade sains nasional sedini mungkin.

Baca juga: 10 Tips Lolos Jadi Siswa SMA Pradita Dirgantara

Calon siswa yang ingin mendaftar di SMA Pradita Dirgantara di tahun ajaran 2024/2025, Seleksi Daerah akan dilaksanakan di lanud-lanud terdekat sesuai dengan wilayah masing-masing calon siswa (casis).

Seleksi daerah ini akan diawali dengan pengecekan kelengkapan administrasi (nilai rapor, keaslian ijazah, skor IQ, dan lain sebagainya).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com