Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Banyak Pihak Jadi Kunci Keberhasilan Pendidikan di Masa Depan

Kompas.com - 28/10/2023, 17:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Demi memajukan pendidikan Indonesia lebih baik lagi di masa depan, maka perlu berkolaborasi dengan banyak pihak. Ketika itu terjadi, maka anak Indonesia lebih mumpuni di masa mendatang.

CEO Teach First Indonesia, Athia Dewi Fadhlina mengatakan, kolaborasi tentunya tidak dapat terwujud jika mengandalkan dari sektor pendidikan saja, tapi dari lintas sektor.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

"Maka dari itu dengan diadakannya acara "Jumpa Pendidik Nusantara", kami berharap dapat menciptakan kolaborasi lintas sektor yang akan menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk masa depan pendidikan lebih baik," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (28/10/2023).

Lalu akan terwujudnya suatu ekosistem pendidikan yang lebih baik, bila kolaborasi ini berhasil dilakukan.

"Di mana setiap anak memperoleh kesempatan untuk mencapai potensi terbaik yang dimilikinya," jelas dia.

Dia menyebut, acara "Jumpa Pendidik Nusantara" merupakan sebuat networking lunch yang diadakan di Ruang Media Gedung Indonesia Arena, pada Sabtu (21/10/2023).

Acara ini, lanjut dia, menjadi wadah pertemuan antara tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai sektor dengan guru penggerak, serta pemimpin daerah yang telah membuktikan kemampuannya dalam menggerakkan perubahan dalam ekosistem pendidikan di Indonesia.

Dalam acara Jumpa Pendidik Nusantara, hadir pejabat dari Kemendikbud Ristek, Dewan Pembina Teach First Indonesia, pegiat pendidikan, hingga tokoh dari berbagai sektor, di antaranya:

  • Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek, Iwan Syahril
  • Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia
  • McKinsey & Company Indonesia
  • BTPN
  • Najeela Shihab
  • Dewi Soeharto
  • Maudy Ayunda
  • Budi Setiawan
  • Handayani
  • Kariko
  • Phillia Wibowo.

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah S2 di Universitas Terbuka

Athilia mengungkapkan, acara ini memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan praktik-praktik baik yang telah berhasil diimplementasikan oleh Yayasan Guru Belajar dan yang akan dilanjutkan oleh Teach First Indonesia.

Sebagai upaya nyata untuk mewujudkan praktik-praktik terbaik ini, Teach First Indonesia telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan daerah Pesisir Selatan dan Sanggau.

Inisiatif-inisiatif ini bertujuan untuk memajukan pendidikan dan pengembangan kepemimpinan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Dosen Unnes Ini Lulus S3 dengan IPK 4,00

"Dengan semangat kolaborasi yang kuat, kami terus berkomitmen untuk mendorong perubahan positif dalam dunia pendidikan di Indonesia," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com