Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trisakti Research Club Gelar Pemberdayaan Masyarakat Pulau Tunda Serang

Kompas.com - 27/10/2023, 17:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Pariwisata Trisakti melalui Trisakti Research Club (TRC) kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat "Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023"

Kegiatan yang mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Juni hingga November 2023 di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. Desa ini terletak di Pulau Tunda, sebelah utara Kabupaten Serang.

Kegiatan ini dilakukan 12 mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti yang bergabung dalam Ormawa TRC.

Tim pengabdian masyarakat tersebut terdiri dari 10 mahasiswa Sarjana Pariwisata, yaitu Novia Arini Huwaida (Ketua Tim Pelaksana), Noviani Rahma, Bernadeta Watratan, Agung Rasmito, Nestor Ipan, Ayu Setiawati, Tiara Ramadona Alfarez, Oktovia Yacomina Sira, Ruth Arthamevilia Shanti dan Setyawan Candra Wibowo.

Kegiatan juga berkolaborasi dengan satu mahasiswa Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan yaitu Ridwan Maulana dan satu mahasiswa Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata yaitu Mohammed Bentarakha Ahnaf Perwira.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti ini didampingi dosen pendamping Ira Mayasari.

Lima program PPK Ormawa 2023

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai lima program kerja yang disebut "Turdevener Stay" dan bertujuan meningkatkan motivasi, keterampilan dan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya manusia (SDM) dan potensi sumber daya alam (SDA), baik darat maupun laut.

Pertama, memberikan pelatihan dan membentuk kelompok pengelola taman laut yang beranggotakan 10 orang bertujuan menjaga keberlangsungan hidup dan kelestarian biota laut sebagai pemecah ombak dan pencegah abrasi pantai sehingga pantai dapat terjaga.

Kegiatan dilakukan dengan penanaman 250 batang bibit mangrove jenis rizhophora, penanaman tiga spider media transplantasi terumbu karang, lokalisir kawasan padang lamun bebas sampah, pembersihan kawasan dermaga bagian selatan dan pembangunan satu unit bak sampah.

Baca juga: Tim Pengabdian Masyarakat UI Beri Pelatihan di TBM Bibliofilia Saguling

 

Kedua, memberikan pelatihan pemanduan dan keterampilan berbahasa inggris kepada kelompok pemandu wisata beranggotakan lima orang perwakilan masyarakat lokal.

Pelatihan bertujuan meningkatkan ketrampilan berbahasa asing dan memandu dalam rangka memberi pelayanan kepada wisatawan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com