Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Growth Center dan IPB Kembangkan Program Kredensial Mikro

Kompas.com - 16/10/2023, 16:28 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

OlOleh: Eunike Karen - Branding Marketing & Social Media Specialist

KOMPAS.com - Institusi pendidikan terus berinovasi menyediakan berbagai program pembelajaran agar setiap murid atau mahasiswa bisa belajar ilmu praktis dan tidak hanya teori saja.

Program mikro kredensial adalah salah satu bentuk nyata pembelajaran lewat praktik di mana universitas memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus bahkan terjun langsung ke industri.

Berbagai universitas di Indonesia sudah menerapkan program ini, salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dalam pelaksanaannya menggandeng Growth Center (fasilitator belajar dan bertumbuh dari Kompas Gramedia).

Kompas Gramedia berkomitmen selalu memberikan dampak bagi masyarakat Indonesia dengan turut mencerahkan masyarakat.

Salah satu bentuk perwujudannya adalah dengan bekerja sama dengan institusi pendidikan termasuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia sebagai ujung tombak dalam melahirkan para penerus bangsa.

Menurut Corporate Human Resources Director, B. Sigit Suryanto menyampaikan, kerja sama antara IPB dan Kompas Gramedia sebetulnya sudah melembaga dan bukan kali pertama dilakukan.

Selain dalam bidang pendidikan, Kompas Gramedia juga menjadi wadah yang dituju lulusan IPB setelah menyelesaikan studi.

Pada Selasa (10/102023), IPB resmi bekerja sama dengan Growth Center, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahamanan oleh Prof. Arief Darjanto (IPB) dan B. Sigit Suryanto (Kompas Gramedia) di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion.

Dalam kerja sama ini, Growth Center menyediakan video pembelajaran dan pelatihan bagi para dosen IPB yang akan terlibat di dalam program kredensial mikro. Para dosen akan dilatih kompetensi terkait storytelling dan pembuatan podcast.

Selain diikuti dosen IPB, program ini juga akan melibatkan mahasiswa dari Myanmar. Mahasiswa Myanmar yang berprestasi menerima beasiswa EU Mobility Programme for Myanmar dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

Program beasiswa ini adalah untuk membantu mahasiswa Myanmar yang terkena dampak gangguan pendidikan universitas pada Maret 2020. Mahasiswa Myanmar diberi kesempatan menyelesaikan pendidikan dan pelatihan di universitas-universitas terbaik di ASEAN.

“Kerja sama ini sesuai dengan nilai-nilai Dies Natalis IPB ke-60, yakni mendorong inovasi. Melalui kerja sama ini, IPB juga mengembangkan sayap ke luar negeri,” jelas Profesor Iskandar Z Siregar, Direktur Program Internasional IPB.

IPB memberikan kesempatan bagi mahasiswa Myanmar untuk belajar mengembangkan kompetensi yang relevan dengan industri.

Growth Center melalui produk Kognisi.id menyediakan kursus daring membantu memfasilitasi pembelajaran dengan video kursus bilingual untuk mahasiswa Myanmar.

Harapannya, lewat pembelajaran daring ini mahasiswa bisa mengembangkan soft skill maupun hard skill yang dapat menjadi bekal untuk berinovasi dan terjun ke dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com