Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyusun To Do List ala Dosen IPB, Mahasiswa Bisa Terapkan

Kompas.com - 10/09/2023, 21:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam keseharian menjadi mahasiswa, kamu tentu punya banyak hal yang harus dikerjakan.

Misalnya mengerjakan tugas dari dosen, mengikuti pratikum atau beberapa agenda penting yang harus dilakukan di hari yang sama.

Oleh karena itu, untuk menentukan skala prioritas, tak ada salahnya kamu menyusun to do list yang akan kamu lakukan hari ini atau besok harinya.

Dosen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Megawati Simanjutak membagikan tips menyusun to do list.

Baca juga: 5 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak

Tips menyusun to do list dari dosen IPB

Menurutnya, banyak riset menunjukkan bahwa salah satu trik manajemen waktu adalah dengan membuat to do list.

To do list bisa membantu mengurangi beban yang bertumpuk di kepala sehingga dapat mengurangi stres.

Dengan to do list, kegiatan yang akan dilakukan menjadi lebih terencana sehingga terhindar dari aktivitas yang spontan atau mendadak pada menit-menit akhir akibat dari menunda pekerjaan.

To do list dapat disusun dalam buku catatan atau aplikasi yang tersedia pada smartphone sesuai dengan kenyamanan individu masing-masing.

Dilansir dari akun Instagram resmi IPB, Minggu (10/9/2023) Dr. Megawati Simanjutak membagikan tips menyusun to do list. Tips ini juga bisa diterapkan para mahasiswa agar tidak terlewat agenda yang penting dilaksanakan dalam satu hari.

Baca juga: 11 PTN yang Baru Buka Prodi Kedokteran, Siap-siap Daftar Tahun Depan

1. Sediakan waktu sehari sebelumnya untuk menyusun Dr. Megawati Simanjutak membagikan tips menyusun to do list. Misalnya saat malam hari sebelum tidur.

2. Tulis semua daftar aktivitas yang harus dilakukan jika ada jadwal yang harus diikuti. Maka dapat mencantumkan waktu dan lokasinya.

3. Agar to do list semakin menarik, dapat ditambahkan penanda warna-warni. Warna yang digunakan juga bisa digunakan untuk membedakan skala prioritas antara satu aktivitas dengan aktivitas yang lain.

4. Bubuhkan ceklis setiap kali menyelesaaikan satu pekerjaan agar dapat diketahui aktivitas yang sudah dan yang belum dikerjakan.

5. Setelah selesai beraktivitas seharian, sempatkan diri untuk mengevaluasi capaian aktivitas pada hari ini sebelum menyiapkan to do list untuk keesokan harinya.

"Hal yang paling penting dari membuat to do list adalah untuk membangun komitmen. Dorong diri sendiri agar mengikuti to do list yang telah disusun dengan bertanggungjawab," urai Dr. Megawati Simanjutak.

Selain itu, tanamkan pada diri sendiri untuk melaksanakan list kegiatan yang sudah dibuat. Kecuali jika ada keadaan darurat yang mengharuskan kamu untuk menggeser agenda yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Apakah Kuliah di Kampus Swasta Susah Cari Kerja? Ini Jawabannya

Jika ada aktivitas yang terpaksa harus digeser maka segera tentukan waktu penggantinya agar aktivitas tersebut tetap bisa terlaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com