Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hard Skill dan Soft Skill Wajib Dimiliki Mahasiswa

Kompas.com - 05/01/2023, 16:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa saat ini tidak hanya rajin kuliah saja. Tetapi, mahasiswa harus dapat mempersiapkan diri untuk nanti siap terjun di dunia kerja.

Karenanya, mahasiswa harus punya keterampilan lain sebagai modal untuk masa depan. Ini juga sebagai bagian dalam menyiapkan sumber daya manusia andal.

Apalagi di serba modern dan canggih. Mahasiswa harus mempunyai hard skill dan soft skill yang mumpuni.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Senin (2/1/2023), jika mahasiswa ingin sukses berkarier maka harus punya hard skill dan soft skill seperti ini.

Baca juga: Ada Skema Baru di Unej, Mahasiswa Bisa Lulus Lebih Cepat

Hard skill dan soft skill penting bagi mahasiswa

1. Bisa bahasa asing

Hal yang paling penting ialah mahasiswa harus bisa berbahasa asing. Salah satu yang wajib ialah bisa bahasa Inggris. Sebab, kini banyak perusahaan yang merupakan investor dari luar negeri.

Selain itu kemampuan bahasa asing memang sangat diperlukan untuk memperlancar komunikasi dan menjadi standar utama oleh semua perusahaan di era sekarang untuk mencari karyawan.

2. Punya kemampuan komputer dasar

Seorang mahasiswa zaman now harus punya kemampuan komputer dasar. Seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point dan lainnya merupakan hal dasar yang wajib dikuasai.

Ini mengingat semua perusahaan pasti akan menggunakan komputer dan tentu ini menjadi point penting yang harus kita kuasai sekarang.

3. Kemampuan bidang IT

Seperti halnya kemampuan komputer dasar, kemampuan IT setidaknya penting dipelajari saat ini. Hal-hal umum seperti mencetak dokumen, mengcopy dokumen, mengakses email, mengakses sistem komputer, mengakses google dan mengakses media sosial.

Baca juga: 9 Makanan Penurun Kolesterol, Mahasiswa Sudah Tahu?

Tentunya kemapuan IT ini akan mempermudah dan sangat diperlukan oleh semua perusahaan pada saat ini.

4. Punya kemampuan menulis

Adapun kemampuan satu ini wajib untuk semua calon karyawan. Saat bekerja, seorang karyawan akan lebih sering menulis dibandingkan aktivitas apapun, seperti menulis surat, dan lain-lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com