Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSB 2024 Siap Digelar, Angkat Semangat Merajut Keberagaman untuk Meraih Kejayaan

Kompas.com - 13/10/2023, 21:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Festival Sains dan Budaya (FSB) akan kembali digelar pada tahun 2024. Sebagai informasi, FBS merupakan pagelaran ini mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI).

Penggabungan kedua program antara sains dan seni bahasa menjadi komitmen Eduversal Foundation selaku penyelenggara FSB 2024 yang mempunyai perhatian tinggi terhadap pembangunan generasi muda bangsa Indonesia.

"Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan beragam dan terdiri dari berbagai macam suku bangsa, adat, budaya, bahkan bahasa," ungkap Koordinator FSB Dwi Prajitno Wibowo melalui rilis resmi (13/10/2023).

"Meskipun begitu, lanjut Dwi, generasi muda Indonesia haruslah tetap mempunyai keseimbangan karakter; kritis, inovatif, kreatif sekaligus sopan, santun, dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.

"Bagi Eduversal Foundation, generasi muda bangsa yang semacam inilah yang akan mampu menghadirkan kejayaan bagi bangsanya, seperti tema FSB 2024 yakni 'Rajut Keberagaman, Raih Kejayaan'," Jelas Dwi.

ISPO 2024 akan memperlombakan enam kategori yaitu: Lingkungan, Teknologi dan Robotika, Komputer, Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan OSEBI memperlombakan enam kategori yaitu: Menyanyi Solo, Penampilan Puisi, Tari Kreasi Nusantara, Menulis Cerpen, Menulis Esai, dan Menulis Puisi.

Pagelaran FSB 2024 menjadi kegiatan ISPO ke-15 sedangkan OSEBI telah berlangsung selama 10 tahun. Kedua kegiatan ini telah menghasilkan peserta dan alumni yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional dan mendapatkan beasiswa di dalam maupun di luar negeri.

Di tingkat Internasional, peserta ISPO dan OSEBI juga mampu bersaing di ajang internasional diantaranya adalah International Festival of Language & Culture (IFLC), Genius Olympiad USA, Vilipo Lithuania, dan Infomatrix Mexico.

Baca juga: Cerita Siswa SD, Raih Medali Kompetisi Sains Internasional Lawan 28 Negara

Pasca FSB 2023, para juara ISPO kemudian berhasil menorehkan banyak prestasi internasional, antara lain:

  • Dua medali emas dalam ajang VILIPO, Lituania
  • Dua medali perak masing-masing di ajang Genius USA dan Infomatrix, Mexico
  • Dua Medali perunggu ajang Infomatrix Mexico
  • Dua Honourable Mention masing-masing pada ajang ASPC Thailand dan Genius USA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com