Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Aktif Bantu Penurunan Stunting, Tanoto Foundation Terima Penghargaan dari Mar'ruf Amin

Kompas.com - 06/10/2023, 19:30 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mengembangkan potensi terbaik dirinya. 

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981, meyakini bahwa pendidikan berkualitas dapat mempercepat kesetaraan peluang.

Tanoto Foundation mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan implementasi Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI). 

Hal itu tercermin dalam program-program Tanoto Foundation yang mendukung pelaksanaan lima pilar Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting (StraNas Stunting).

Pilar-pilar itu, yakni Pilar 2 tentang Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku dan Pilar 3 tentang Konvergensi, Koordinasi, dan Konsolidasi Program Pusat, Daerah, dan Desa. 

Baca juga: Percepat Penurunan Stunting, Pemkab Banyumas Gandeng Tanoto Foundation Hadirkan Rumah Anak Sigap

Untuk diketahui, program percepatan penurunan stunting merupakan salah satu bentuk komitmen Tanoto Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia pada masa depan. 

Dalam pelaksanaannya, Tanoto Foundation bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi internasional, perguruan tinggi, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, dan media. 

Bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Tanoto Foundation mendukung pelaksanaan berbagai program dan kegiatan percepatan penurunan stunting berbasis keluarga, seperti Program Bina Keluarga Balita Eliminasi Masalah Stunting (BKB Emas), Pelatihan Tim Pendamping Keluarga (TPK ), Forum Nasional Stunting, dan Kampanye Perubahan Perilaku. 

Tanoto juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) meningkatkan keterampilan komunikasi bagi para pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menyampaikan pemahaman dan pencegahan stunting di sesi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). 

Baca juga: Bantu Penurunan Stunting lewat Buku dan e-Learning, Tanoto Foundation Dapat Apresiasi dari BKKBN

Selain itu, Tanoto Foundation menjadi donor perintis dalam World Bank Multi Donor Trust Fund (MDTF) for Indonesia Human Capital Acceleration (IHCA) untuk mendukung program Investing in Nutrition and Early Years (INEY). 

Tanoto Foundation bekerja sama pula dengan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dalam program Komunikasi Perubahan Perilaku Sosial untuk Pencegahan Stunting. 

Bersama Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan beberapa mitra donor lainnya, Tanoto Foundation menginisiasi program Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia (PASTI) untuk memperbaiki status gizi di empat provinsi prioritas stunting

Tanoto Foundation juga mendukung Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menjalankan program penanganan stunting melalui Comprehensive and Integrated Action (CINTA) di Nusa Tenggara TImur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Bekerja sama dengan Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung, Tanoto Foundation mendukung pengembangan program studi perguruan tinggi berdasarkan hasil penelitian tematik mengenai stunting

Baca juga: Bantu Perangi Stunting, Tanoto Foundation Raih Penghargaan Mitra Kerja BKKBN

Tanoto Foundation bersama SMERU juga melakukan riset pemetaan status gizi dengan metode small area estimation (SAE) dan penelitian perubahan perilaku sosial dengan pendekatan desain berbasis masyarakat (DBM) bersama Alive and Thrive. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com