Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Siswa SD, Raih Medali Kompetisi Sains Internasional Lawan 28 Negara

Kompas.com - 02/10/2023, 10:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Rashad Akma Alaydrus dan Anya Prameswari Firmansyah, dua murid SD Cikal Lebak Bulus berhasil meraih medali Emas dan Perunggu di ajang Vanda International Science Competition yang diikuti oleh 28 negara dan 6.728 pelajar dunia.

Rashad, murid kelas 5 SD dan Anya murid kelas 6 SD berhasil memecahkan 20 soal Sains berbentuk narasi story telling serta membahas isu dunia yang berkaitan dengan Sains dan Matematika.

Soal Sains sulit dan penuh tantangan

Anya yang mewakili Indonesia melawan para peserta dari 28 negara mengungkapkan sulitnya soal sains dalam ajang internasional yang dihadapinya.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Jepang 2024, Uang Saku Rp 15 Juta Per Bulan

"Waktu Vanda kemarin itu soalnya susah banget, banyak yang integrated between Sains and Math, atau global issue and science, terus soalnya panjang banget, its like retelling stories, 1 soal itu one page long, soalnya ada 20 soal, karena waktunya sedikit dan soalnya panjang, jadi aku ga sempet double check sebelum submit, aku tetap senang bisa do my best for competition,” tutur Anya dalam keterangan resminya.

Rashad yang pertama kali mengikuti Vanda pun mengungkapkan hal yang sama, bahwa soal yang dihadapi menantang sekali.

“Aku berlatih untuk Vanda sebelum berkompetisi, tetapi ternyata pertanyaannya itu lebih
menantang," ucap Rashad.

Meski begitu, Anya yang sukses meraih medali emas ke-19 juga mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas pencapaian dirinya.

"Aku merasa senang bisa kembali melakukan yang terbaik untuk Vanda. Aku juga seneng banget ada murid Cikal yang ikut juga (Rashad). Insya Allah, selanjutnya aku ke Global Round untuk Science and Math di Bali, setelah ini, aku akan tetap latihan math dan science seperti biasa sambil juga latihan balet juga belajar nihongo dan cookies sama oma," imbuh murid yang bercita-cita menjadi Psikiatri ini.

Baca juga: Kisah Hatta, Siswa SMA Raih Medali Olimpiade Ekonomi Lawan 66 Negara

Sementara itu, Rashad menceritakan bahwa kompetisi Vanda merupakan kompetisi Sains tingkat internasional pertama yang diikutinya.

Rasa ingin tahunya yang tinggi terhadap ilmu Sains mendorongnya untuk mencoba kesempatan ini sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

"Kompetisi Vanda ini adalah kompetisi Sains internasional pertamaku. Aku pengen ikut
kompetisinya itu karena aku suka banget sains dan sains itu mendorongku berpikir kreatif
dan kritis seperti melihat dunia baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Aku juga
merasa gembira untuk ketemu teman-teman yang suka belajar Sains seperti aku," ceritanya.

"Aku gembira banget pas saat dapat perunggu, aku padahal ikut untuk keseruannya tetapi
aku bisa meraih prestasi di kompetisinya," imbuh Rashad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com