Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesi Perkuliahan Internasional FIS UNJ, Yoshimi Nishi: Mitigasi Bencana Tanggungjawab Bersama

Kompas.com - 21/09/2023, 19:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) menyelenggarakan perkuliahan sesi kedua "The Eurasia International Course 2023" yang merupakan kolaborasi dengan The Eurasia Foundation (from Asia).

"The Eurasia International Course 2023" merupakan bagian dari upaya internasionalisasi FIS UNJ dan diharapkan dapat memperluas perspektif keilmuan sivitas akademika UNJ, khususnya terkait transformasi masyarakat setelah pandemi Covid-19.

Acara dilaksanakan secara hibrid di Kampus A UNJ Jakarta dan disiarkan melalui live streaming Youtube FIS UNJ pada 21 September 2023. Acara ini dihadiri 40 peserta luring dan 41 peserta daring terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum baik dari dalam maupun luar UNJ.

Sesi kedua perkuliahan internasional ini menghadirkan Yoshimi Nishi, Associate Professor dari Center for Southeast Asia Studies, Kyoto University, Jepang.

Nishi hadir membawakan paparan bertajuk “Who Helps and Who Is Being Helped: Disaster Resilient Communities from a Communication Perspective".

Dalam menyikapi bencana, Nishi menekankan pentingnya meluaskan kesadaran bahwa setiap anggota masyarakat dapat mengambil peran dalam pencegahan, penanganan, dan pemulihan pascabencana.

“Mitigasi bencana bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah atau golongan masyarakat tertentu,” ujarnya.

FIS UNJ menyelenggarakan perkuliahan sesi kedua The Eurasia International Course 2023 yang merupakan kolaborasi dengan The Eurasia Foundation (21/9/2023).DOK. FIS UNJ FIS UNJ menyelenggarakan perkuliahan sesi kedua The Eurasia International Course 2023 yang merupakan kolaborasi dengan The Eurasia Foundation (21/9/2023).

Sementara itu, dalam pembukaan sesi, Kurniawati, Koordinator Pelaksana menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara.

Kurniawati memotivasi mahasiswa untuk terus belajar, mengikuti kegiatan dengan tertib, dan menggunakan kesempatan ini untuk memperluas perspektif terkait dunia pasca pandemi.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIS UNJ Prof. Sarkadi memberikan apresiasi atas kesediaan para narasumber.

Baca juga: Pascapandemi, UMN Siap Gelar Orientasi Mahasiswa Baru Secara Luring

 

“Transformasi dunia pascapandemi memang semestinya dipetakan dari beragam sudut pandang keilmuan," ujar Prof. Sakardi.

"Secara akademis, dukungan narasumber dari aneka latar belakang menguatkan motivasi pada mahasiswa untuk secara aktif mengambil peran dalam transformasi dunia pasca pandemi,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com