Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Spora EV, Kalbis Institute Kembangkan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 14/09/2023, 18:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dua tim dosen Kalbis Institute bersama PT Spora Cahaya Indonesia (Spora EV) mendapatkan Pendanaan Matching Fund Kedaireka 2023 yang diadakan Kemdikbudristek.

Kegiatan bertujuan menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis bidang riset antara insan perguruan tinggi dengan pihak dunia usaha dunia industri (DUDI), sekaligus percepatan hilirisasi produk riset perguruan tinggi.

Proyek riset pertama yang mendapatkan MF Kedaireka berjudul "Perancangan Packaging Box dan Potensi Pasar untuk UMKM Starling yang Dapat Terintegrasi dengan Produk E-Moped", dengan ketua tim peneliti Siti Nurjanah (Rektor Bidang Riset dan Inovasi Kalbis Institute).

Anggota tim ini terdiri dari Bramanta Octa Danu Putra (Tutor ahli bidang desain dan dosen DKV Kalbis Institute), dan Ignatius Ario Sumbogo (Tutor ahli bidang SDM dan Dosen Kalbis Institute).

Kalbis Institute bermitra dengan Spora EV yang memiliki fokus bisnis konversi kendaraan listrik.

Sementara, proyek riset kedua yang didanai MF Kedaireka 2023 berjudul "Rancang Bangun Speedometer dengan UI/UX Terintegrasi untuk Kendaraan Listrik Roda Dua guna Mendukung Percepatan Adopsi KBLBB di Indonesia”.

Riset ini dipimpin Ketua Tim Peneliti Lufty Abdillah yang juga Ketua Program Studi Sistem Informasi Kalbis Institute.

Project Perancangan Packaging Box Terintegrasi E-Moped untuk UMKM Starling bertujuan meningkatkan ekonomi kerakyatan khususnya UMKM, sekaligus mendukung kesadaran lingkungan melalui pemanfaatan produk Renewable Energy yang bersifat ergonomis.

Usaha kopi keliling atau starling merupakan usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia dan saat ini membutuhkan dukungan serius guna meningkatkan mutu layanan dan kualitas produknya.

Fasilitas packaging box yang praktis dan ergonomis dengan material ramah lingkungan yang terintegrasi dengan kendaraan listrik, diyakini mampu membantu re-branding starling sehingga semakin diapresiasi dan dipercaya dalam hal mutu layanan dan kualitas produk.

Baca juga: Transisi Kendaraan Listrik Global Makin Cepat, Indonesia Harus Tanggap

Selain dampak ekonomi, produk e-Moped integratif dan ergonomis tersebut dirancang untuk mendukung program nasional konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Hal ini selaras dengan harapan Spora EV seperti yang disampaikan Sarwono Kusumo Bawono, Chief of Growth Spora EV.

“Dalam arus deras perubahan moda transportasi, dari berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan, sangat penting kita juga dapat berperan sebagai penghasil teknologi dan inovasi, jangan sampai kita kembali hanya menjadi pasar," jelas Sarwono.

"Rintisan kerja sama riset antara Kalbis Institute dan Spora EV ini merupakan upaya nyata kolaborasi antara dunia pendidikan dengan industri untuk bersama menghasilkan teknologi dan produk yang berdampak langsung ke pasar," tambahnya.

Siti Nurjanah, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Kalbis Institute, mengatakan, “kami berharap dengan adanya kolaborasi kreatif dengan Spora Ev, memungkinkan kita untuk mengembangkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak. Sinergi ini terus akan dilanjutkan untuk menghasilkan inovasi inovasi baru.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com