Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perguruan Tinggi Jalin Kerja Sama Penguatan Pendidikan Bahasa Mandarin

Kompas.com - 10/09/2023, 15:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Chinese Testing International Co., Ltd (CTI) yang berada di bawah kewenangan Chinese Language Education Center (CLEC) menjalin kerja sama dengan 6 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Keenam kampus itu datang dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), yaitu:

  1. Universitas Pancasila (UP).
  2. LSPR Institute of Communication and Business.
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM).
  4. Universitas Ciputra Surabaya.
  5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur 2 Minggu pada Akhir Tahun 2023, Catat Tanggalnya

"Secara resmi, kami mengumumkan penandatanganan perjanjian kerjasama strategis dalam Program Chinese Language and Innovation Center. Kesepakatan ini bertujuan untuk memperluas akses pendidikan bahasa dan uji kemampuan bahasa Mandarin di Indonesia," kata Dekan Fakultas Hukum UP, Prof. Eddy Pratomo dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

Dia mengaku, program Chinese Language and Innovation Center adalah inisiatif Internasional yang dirancang untuk memberikan layanan pembelajaran dan pengujian bahasa Mandarin kepada para pelajar bahasa Mandarin, memperkenalkan budaya Tiongkok, serta menjalankan kursus dan penelitian terkait pendidikan bahasa Mandarin.

Dia menyebut, kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bahasa Mandarin di Indonesia dan mempromosikan pasar pembelajaran dan pengujian bahasa Mandarin.

Program ini, sebut dia, akan memberikan berbagai layanan kepada masyarakat, termasuk layanan pembelajaran dan pengujian bahasa Mandarin Internasional, pengajaran dan pengujian bahasa Mandarin secara offline dan online, dan konsultasi untuk mahasiswa asing yang belajar di Tiongkok.

Lalu, kursus dan penelitian terkait budaya Tiongkok, pengembanganan program pendidikan bahasa Mandarin dan vokasional, dan layanan lain yang mendukung pendidikan bahasa Mandarin Internasional.

Baca juga: Kisah Prama, Guru Besar Termuda di UGM pada Usia 35 Tahun

Sementara perguruan tinggi yang ada di Indonesia akan mengoperasikan Program Chinese Language and Innovation Center serta mengembangkan pengajaran bahasa Mandarin lokal.

Lanjut dia mengaku, penandatanganan kerja sama ini akan berlangsung pada tanggal 9 September 2023 secara daring.

Pada acara itu hadir dan memberikan sambutan dari Direktur Jenderal Chinese Language Education Center (CLEC), Ma Jianfei dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Tiongkok dan merangkap Mongoliam Djauhari Oratmangun.

Ada juga sambutan dari Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ova Emilia yang mewakili PTN dan dan Rektor UP, Prof. Edie Toet Hendratno yang mewakili PTS.

Baca juga: Puri Pramudiani, Mahasiswa S3 UPI yang Lulus dengan IPK 4,00

Kerja sama ini menandai langkah besar dalam upaya untuk memperluas pendidikan bahasa Mandarin di Indonesia serta memperdalam dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok dalam bidang Bahasa, budaya, dan berbagai Inovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com