Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Charoen Pokphand Indonesia Berikan Hibah Teaching Farm bagi Untan

Kompas.com - 02/09/2023, 07:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk, melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia, perusahaan nasional peternakan, memberikan hibah Teaching Farm berupa kandang ayam modern sistem tertutup bagi Universitas Tanjungpura, Pontianak pada 31 Agustus 2023.

Hibah Teaching Farm kandang ayam modern sistem tertutup atau biasa dikenal dengan Closed House ini bertujuan mendukung ketersediaan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar, riset, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia pada dunia peternakan.

Kegiatan peresmian kandang ayam closed house ini merupakan lanjutan dan realisasi dari penandatangan kerja sama yang sebelumnya ditandatangani pada 12 April 2021.

Penandatangan berita acara serah terima hibah closed house dilaksanakan oleh Wakil Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Peraphon Prayooravong dan Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Garuda Wiko.

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji berharap Kandang Closed House dapat menjadi salah satu inspirasi lulusan Fakultas Pertanian maupun Fakultas Peternakan untuk memulai usaha ini.

"Peluangnya sangat besar, karena ketersediaan pangan masih menjadi salah satu kekhawatiran, mengingat Provinsi Kalimantan Barat masih cukup bergantung dengan provinsi-provinsi lainnya mengenai pangan," ungkapnya.

"Mengenai perhitungan, secara perhitungan juga sangat bagus. Ke depannya diharapkan Untan selain dengan adanya kandang closed house yang dapat dikembangkan sebagai pendapatan petani, juga harus ada inovasi yang dapat dikembangkan ke daerah-daerah dengan efisiensi-efisiensi tertentu," ujarnya.

"Sehingga dapat menjadi daya tarik bagi mereka (Masyarakat) yang ingin bergerak di bidang peternakan dan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. ini bisa berkontribusi terus dan terus melakukan pengembangan," lanjut Gubernur Kalbar.

Baca juga: Didukung PTBA, Petani di Lampung Ini Berhasil Kembangkan Usaha ke Peternakan

Media belajar dan pengembangan inovasi

Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Garuda Wiko menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

"Kami merasa bersyukur dan bangga atas kolaborasi berbasis inovasi bersama PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk," ungkap Prof. Garuda Wiko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com