Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Fakultas Kedokteran, PresUniv Komitmen Hasilkan Dokter Profesional, Inovatif, dan Humanis

Kompas.com - 01/09/2023, 16:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) membuka Fakultas Kedokteran setelah mendapatkan izin resmi mendirikan fakultas kedokteran berdasarkan Surat Keputusan Kemendikbudristek pada 21 Agustus 2023.

Merujuk SK tersebut, Kemendikbudristek mengizinkan Presuniv membuka Program Studi Kedokteran (Program Sarjana) dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter (Program Profesi). Dua program studi tersebut akan bernaung di bawah Fakultas Kedokteran PresUniv.

Founder PresUniv dan Chairman Jababeka, SD Darmono menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah atas izin penyelenggaraan pendidikan kedokteran ini. Memiliki FK adalah salah satu bagian dari visi besarnya ketika mendirikan Presuniv. 

SD Darmono meyakini, PresUniv bisa ikut berkontribusi mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 melalui bidang kesehatan. “Kehadiran Fakultas Kedokteran, Presuniv, diharapkan bisa ikut memberikan kontribusi untuk mengatasi kurangnya jumlah tenaga dokter di Indonesia,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Pendidikan President University Prof. Budi Susilo Soepandji dalam konferensi pers yang digelar di Menara Batavia (31/8/2028). 

Prof. Budi Susilo menyampaikan, pembukaan FK PresUniv diharapkan akan mampu menjawab kebutuhan RS dan dokter berkualitas di dalam negeri, sehingga devisa Indonesia bidang kesehatan tidak pindah ke luar negeri seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

”Kami memiliki keunggulan dengan menambah kurikulum kesehatan kerja dan bahasa pengantar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya," tegas Prof. Busi Susilo.

"Kami mendapat dukungan untuk mewujudkan adanya medical city di kawasan Jababeka sebagai tempat bertemunya dokter, perusahaan, industri farmasi, dan yang melakukan riset,” lanjutnya.

Dokter profesional, inovatif, dan humanis

Dalam kesempatan sama, Rektor PresUniv Prof. Chairy mengungkapkan, upaya pendirian FK PresUniv telah dirintis sejak 10 tahun lalu. Ketika moratorium pembukaan FK baru dicabut pada tahun 2022, PresUniv mengajukan izin dan akhirnya mendapatkan SK izin penyelenggaraan program studi dan fakultas kedokteran pada 21 Agustus 2023.

Baca juga: Fakultas Kedokteran UIN Walisongo Siap Dibuka Tahun Depan

”Kami mempersiapkan untuk bisa melaksanakan perkuliahan, rencananya pada 25 September 2023 yang akan datang. Kami segera merencanakan kuliah karena pada dasarnya kami telah siap menggelar kegiatan belajar mengajar di fakultas kedokteran," tegas Prof. Chairy.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com