Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Beri Beasiswa Dana Abadi bagi Mahasiswa, Totalnya Rp 1,58 Miliar

Kompas.com - 29/08/2023, 18:32 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberikan beasiswa kepada para mahasiswanya.

Melalui Beasiswa Dana Abadi, ITS menawarkan kesempatan bagi mahasiswa yang unggul dan berkompeten.

Dana abadi yang disalurkan ITS kepada mahasiswanya ini diketahui bersumber dari para alumni ITS, masyarakat, orangtua mahasiswa, perusahaan, maupun pihak lainnya.

Sesuai namanya, dana ini bersifat abadi dan dikelola untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Nadiem Makarim: Tugas Akhir Bisa Bermacam-macam, Tidak Hanya Skripsi

Beasiswa Dana Abadi ITS sasar mahasiswa kalangan menengah

Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari mengatakan, di ITS sudah terdapat salah satu beasiswa dari pemerintah, yakni Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

"Sayangnya, KIP Kuliah hanya diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu. Sementara mahasiswa dari golongan menengah banyak yang belum terfasilitasi," terang guru besar Teknik Elektro ITS tersebut seperti dikutip dari laman ITS, Selasa (29/8/2023).

Prof. Ashari mendorong ITS untuk mengambil langkah dengan memberikan Beasiswa Dana Abadi bagi golongan menengah.

"Mahasiswa-mahasiswa potensial yang berhasil melewati rangkaian tes beasiswa ini diharapkan dapat mengukir prestasi gemilang di Kampus Pahlawan," papar Prof. Ashari.

Wakil Rektor I, Prof. Adi Soeprijanto menambahkan, total biaya yang disalurkan dalam program ini sebesar Rp 1,58 miliar.

Bantuan tersebut ditujukan kepada 46 mahasiswa, di mana 45 diantaranya mendapatkan bantuan bebas Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

"Sementara satu mahasiswa lainnya memperoleh bantuan bebas Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sekaligus Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)," imbuhnya.

Baca juga: Ini Daftar Barang Bawaan yang Perlu Dibawa untuk Studi di Luar Negeri

Beasiswa diberikan ke seluruh fakultas

Adi mengungkapkan bahwa bantuan ini menyasar seluruh fakultas di ITS.

Dari sekian pendaftar, fakultas dengan penerima bantuan terbanyak adalah Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC), yakni sejumlah 13 mahasiswa.

Sementara itu, departemen dengan penerima beasiswa terbanyak datang dari Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang masing-masing berjumlah empat orang.

Acara yang digelar di Ruang Sidang Senat ini juga menampilkan beberapa video orangtua mahasiswa penerima Beasiswa Dana Abadi ITS.

Baca juga: Alfamidi Buka 6 Lowongan Kerja bagi Lulusan S1

Salah satu cuplikan datang dari salah satu orangtua mahasiswa ITS, Ninik Sukmawati mengungkapkan rasa syukur dan sukacitanya kepada ITS karena telah memberikan kesempatan bagi anaknya untuk meraih beasiswa ini.

"Semoga anak kami bisa terus berprestasi dan ITS dapat memberikan kesempatan serupa bagi putra-putri di seluruh Indonesia," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com