Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Beasiswa yang Disediakan UPH dan Telkom University

Kompas.com - 26/08/2023, 15:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik biasanya relatif lebih mahal.

Bahkan ada beberapa PTS di Indonesia yang memiliki biaya kuliah termahal di Indonesia. Jika kamu berencana kuliah di kampus swasta, jangan khawatir terkait biaya kuliah. Pasalnya ada beberapa beasiswa yang bisa kamu manfaatkan.

Beasiswa dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk kuliah di kampus swasta seperti program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

Baca juga: 15 Kampus Swasta Terbaik di Sumatera Utara Versi UniRank 2023

Selain beasiswa dari pemerintah, biasanya masing-masing perguruan tinggi swasta juga menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

Namun beasiswa dari perguruan tinggi swasta ini biasanya dikhususkan bagi calon mahasiswa yang punya latar belakang tertentu. Misalnya calon mahasiswa yang punya prestasi atau dari keluarga yang kurang mampu.

Kali ini Kompas.com akan rangkumkan beasiswa yang disediakan kampus swasta yakni Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Universitas Telkom atau Telkom University.

Kedua kampus swasta ini juga masuk dalam daftar perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia.

Dilansir dari laman masing-masing perguruan tinggi, Sabtu (26/8/2023) berikut beasiswa yang disediakan UPH dan Telkom University bagi calon mahasiswa yang mendaftar.

Baca juga: Beasiswa Jardine 2024 Dibuka, Kuliah S1 Gratis di Oxford atau Cambridge

Beasiswa di UPH

Universitas Pelita Harapan (UPH) termasuk salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia. UPH menawarkan beberapa jenis beasiswa. Jenis beasiswa yang ada adalah:

1. Beasiswa Prestasi Akademik. Jenis beasiswa ini adalah beasiswa yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang akademik.

2. Beasiswa Bantuan Keuangan. Jenis beasiswa ini adalah beasiswa yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yang memerlukan dukungan finansial dalam melanjutkan studinya.

3. Beasiswa Olahraga. Jenis beasiswa ini adalah beasiswa yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang olahraga.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Terbuka dan Cara Daftarnya

Beasiswa di Telkom University

Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta di Bandung yang sering dijadikan pilihan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Telkom University menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang mendaftar di Telkom University. Beasiswa yang disediakan dibagi dalam dua skema, antara lain:

1. Beasiswa Unggulan yaitu kategori beasiswa yang memberikan Gratis 100 persen Biaya Pendidikan sampai lulus.

2. Beasiswa Pintar yaitu kategori beasiswa berupa potongan sebagian biaya pendidikan seperti Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) atau Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler (SDP2) atau Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) semester 1.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, calon mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu melalui jalur seleksi yang sedang dibuka, baik jalur seleksi umum yang menyediakan beasiswa maupun jalur seleksi khusus beasiswa.

Baca juga: Cara Cek Penerima PIP 2023 dan Proses Pencairannya

Demikian informasi mengenai beasiswa yang disediakan di UPH dan Telkom University. Sehingga calon mahasiswa yang mengincar UPH maupun Telkom University bisa mendaftar dan memanfaatkan beasiswa yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com