Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Teladan 2024 bagi Mahasiswa S1, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

Kompas.com - 25/08/2023, 13:30 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS. com - Beasiswa bisa menjadi salah satu solusi bagi para mahasiswa yang memiliki potensi tinggi namun terbatas secara finansial.

Program Beasiswa Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan atau Beasiswa Teladan 2024 dari Tanoto Foundation kini bisa didaftarkan oleh mahasiswa S1.

Baca juga: 170 Mahasiswa Raih Beasiswa Tanoto Foundation, Bebas Biaya Kuliah

Beasiswa Teladan memberi tunjangan biaya kuliah serta tunjangan bulanan dari mulai semester dua hingga semester delapan. Menariknya, tidak hanya diberi tunjangan, mahasiswa yang menerima beasiswa ini juga akan mendapatkan dukungan pengembangan kepemimpinan.

Fasilitas bagi penerima beasiswa Teladan

1. Dukungan perngembangan kepemimpinan

Mahasiswa terpilih mendapatkan pengetahuan kepemimpinan yang didesain secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan.

Ketiga tahapan itu mencakup pengetahuan baru, pengembagan diri sebagai pemimpin, pembelajaran berbasis proyek, persiapan pengembangan karier, serta kesempatan berkontribusi kembali untuk masyarakat.

Baca juga: Siapkan Mahasiswa Jadi Pemimpin Masa Depan, Tanoto Raih Anugerah Dikti Ristek

2. Dukungan lingkaran pengembangan Teladan

Para penerima Beasiswa Tanoto, juga akan memperoleh bantuan untuk berpartisipasi dalam program pengayaan yang dikenal sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN. Program ini terdiri atas:

  • Tanoto Scholars Association (TSA): hadir di setiap universitas mitra Tanoto Foundation sebagai platform/komunitas di mana para penerima Beasiswa Teladan dapat berkumpul dan berinteraksi, menciptakan ikatan sebagai keluarga baru.
  • Pay It Forward Initiative: salah satu kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara langsung dan berkelanjutan kepada komunitas sekitar tempat tinggal para penerima Beasiswa Tanoto
  • Tanoto Scholars Gathering (TSG): acara tahunan yang menghimpun para penerima Beasiswa Tanoto dari berbagai perguruan tinggi mitra untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri.
  • Tanoto Student Research Award (TSRA): kegiatan tahunan berupa dukungan pendanaan dan pelatihan riset bagi mahasiswa di perguruan tinggi mitra, terbuka untuk mahasiswa di semua universitas mitra.

Baca juga: Bantu Penurunan Stunting lewat Buku dan e-Learning, Tanoto Foundation Dapat Apresiasi dari BKKBN

  • Internship: peluang bagi penerima Beasiswa Tanoto untuk mendapatkan pengalaman kerja praktikal di Tanoto Foundation, RGE Group, dan mitra industri lainnya.
  • Sponsorship: peluang bagi penerima Beasiswa Tanoto untuk memperoleh bantuan finansial tambahan guna mengikuti kompetisi, konferensi, atau mendapatkan sertifikasi dalam pengembangan keterampilan untuk mempersiapkan karier, baik dalam maupun luar negeri
  • Global Experiences Program: kesempatan bagi penerima beasiswa yang berprestasi untuk merasakan pengalaman internasional dan membangun jejaring global melalui program singkat di dalam dan luar negeri, seperti kursus musim panas, pertukaran pelajar, relawan, dan lainnya.

3. Dukungan biaya kuliah dan tunjangan hidup

Selama menjadi penerima beasiswa Teladan, biaya kuliah penuh akan diurus langsung oleh Tanoto Foundation ke perguruan tinggi mitra. Selanjutnya, tunjangan bulanan untuk biaya hidup juga akan diberikan dan ditransfer langsung kepada para penerima Beasiswa Tanoto.

4. Jaringan alumni di Indonesia dan di dunia

Setelah menyelesaikan pendidikan, para penerima Beasiswa Tanoto Foundation akan bergabung dengan komunitas alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Tawarkan Kuliah Gratis hingga Uang Saku Besar

Di dalam jaringan alumni ini, selain berinteraksi untuk saling memberikan inspirasi, juga ada rangkaian kegiatan yang berfokus pada pengembangan profesional serta peningkatan kapasitas sesuai dengan tuntutan perkembangan global.

Persyaratan pendaftaran beasiswa Teladan

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

Terdaftar sebagai mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN. Sembilan perguruan tinggi mitra program Teladan, antara lain:

  • IPB University
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Andalas
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Riau
  • Universitas Sumatera Utara

Baca juga: 29 Prodi S1 Universitas Indonesia yang Raih Akreditasi Unggul

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com