Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2023, 09:36 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setelah melewati rangkaian seleksi, sebanyak 170 mahasiswa tahun pertama dari sembilan perguruan tinggi berhasil mendapatkan Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation.

Ke-170 peserta tersebut merupakan mahasiswa tahun pertama dari sembilan perguruan tinggi mitra yang lolos seleksi dari ribuan pendaftar.

Kesembilan perguruan tinggi mitra tersebut adalah IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Pemuda Asal Ciamis Jadi Presiden BEM di Columbia University

Setelah terpilih menjadi Tanoto Scholars, 170 mahasiswa tersebut akan menerima dukungan biaya kuliah 100 persen dan tunjangan bulanan yang dibayarkan sejak semester II hingga VIII.

Mereka juga akan menerima program pengembangan kepemimpinan terstruktur, program pengalaman global termasuk belajar ke luar negeri, serta pengembangan karier dan kepemimpinan yang ekstensif.

Para mahasiswa akan bergabung dengan mahasiswa aktif penerima beasiswa program Teladan lainnya, sehingga pada tahun 2023 ini terdapat 640 mahasiswa aktif penerima beasiswa Teladan.

Beasiswa kembali dibuka pertengahan tahun 2023

Sejak tahun 2006 hingga 2023, program beasiswa dan pengembangan kepemimpinan Tanoto Foundation telah memberi manfaat kepada 8.168 mahasiswa.

Pendaftaran program Teladan angkatan 2024 akan kembali dibuka pada pertengahan tahun 2023.

Baca juga: Cerita Ahmad, Berhasil Tembus 4 Kampus Top Dunia lewat LPDP

CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo mengatakan para mahasiswa penerima beasiswa dapat menggunakan kesempatan ini untuk membangun diri menjadi pemimpin masa depan yang berkontribusi secara positif bagi komunitasnya.

“Melalui Program TELADAN, Tanoto Foundation berharap terlepas dari apapun latar belakang Tanoto Scholars (sebutan untuk peserta program), mereka dapat menggunakan kesempatan ini untuk membangun diri menjadi pemimpin masa depan yang berkontribusi secara positif bagi komunitasnya,” kata Satrijo saat acara pengukuhan, Kamis (2/2/2023).

Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation, Aryanti Savitri, juga menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh para penerima beasiswa.

“Tanoto Scholars akan mengikuti program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur mulai dari Lead Self di semester 2-4, Lead Others di semester 5-7, dan Professional Preparation di semester 8. Mereka juga dapat mengembangkan diri melalui beragam menu experiential learning yang kami kemas dalam Leadership Development Sphere," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com