Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 11 Beasiswa untuk Kuliah di Kampus BUMN Institut Teknologi PLN

Kompas.com - 29/08/2023, 17:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) merupakan salah satu perguruan tinggi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

IT PLN termasuk perguruan tinggi swasta yang berada di Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Jakarta.

Meski tidak ada ikatan dinas dengan PLN, tapi lulusan IT PLN bisa diserap diterima dengan cepat di perusahaan dan dunia industri.

Bagi kamu yang tertarik kuliah di IT PLN, jangan khawatir soal biaya kuliah. Pasalnya ada banyak sekali beasiswa yang bisa kamu manfaatkan.

Baca juga: Cek Beasiswa yang Disediakan UPH dan Telkom University

Dilansir dari laman resmi IT PLN, Selasa (29/8/2023) ada sejumlah beasiswa yang bisa dicoba mahasiswa untuk kuliah di IT PLN.

Beasiswa ini memberikan benefit seperti bantuan biaya pendidikan penuh hingga sebagian selama menempuh pendidikan d IT PLN. Berikut informasi beasiswa yang tersedia di IT PLN, salah satu kampus BUMN di Indonesia.

1. Beasiswa KTI Gemilang

PLN Energi Primer Indonesia memberikan kesempatan beasiswa full melalui program KTI Gemilang. Beasiswa ini untuk 10 pendaftar gelombang mandiri dari Indonesia bagian Timur yakni Maluku, Kendari, Gorontalo hingga NTT. Biaya pendidikan diberikan hingga lulus.

Beasiswa penuh ini mencakup bebas SPP, bebas Uang Pangkal (UP), bebas UKT, dan bebas uang sidang. Namun, terkhusus beasiswa ini hanya dibuka untuk program studi S1 Teknik Sistem Energi, S1 Bisnis Energi, S1 Teknik Lingkungan, dan S1 Geografi.

2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

KIP Kuliah merupakan bantuan beasiswa dari pemerintah khusus bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. KIP Kuliah bisa dimanfaatkan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) termasuk IT PLN.

3. Beasiswa Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero)

Beasiswa ini terbuka untuk Program Studi S1 Geografi, S1 Teknik Lingkungan, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Tenaga Listrik.

Mahasiswa yang berhasil menjadi penerima beasiswa Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN akan mendapatkan keuntungan berupa kuliah di IT PLN tanpa beban biaya.

Beasiswa ini juga membuka pintu akses ke fasilitas pendidikan yang lengkap di ITPLN. Bukan hanya beasiswa, tapi juga dukungan dalam mengembangkan potensi.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Terbuka dan Cara Daftarnya

4. Beasiswa Aperti BUMN

Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) merupakan aliansi dari 8 perguruan tinggi yang dinauingi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Beasiswa ini diberikan untuk siswa berprestasi se-Indonesia berupa beasiswa biaya pendidikan secara penuh.

5. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kemdikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud yang didanai oleh LPDP.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com