Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Kompas TV, 25 Finalis FLS2N 2023 Jurnalistik Diharapkan Jadi Agen Perubahan

Kompas.com - 23/08/2023, 14:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 25 siswa finalis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023 bidang jurnalistik yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia melakukan kunjungan ke Kompas TV guna belajar secara langsung tantangan profesi jurnalis di era digital.

Dua puluh lima finalis ini terpilih masuk dalam babak final setelah menyisihkan hampir 2.000 karya yang masuk dalam FLS2N bidang jurnalistik tahun 2023.

Para siswa melakukan kunjungan media (media visit) langsung ke news room Kompas TV pada Selasa, 22 Agustus 2023 di Menara Kompas, Jakarta.

Sebelumnya, ke-25 finalis mendapatkan sharing session dari Haris Mahardiyansah, Digital Manager Kompas TV yang membawakan materi "Tantangan Profesi Jurnalis di Era Digital" di Bentara Budaya Jakarta.

Selain membagikan pengalaman selama bergelut di bidang media, Haris juga memaparkan berbagai tantangan profesi jurnalis saat ini dalam mengemban tugas menyampaikan informasi dengan kaidah etik jurnalistik di era banjir informasi saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Haris juga menjelaskan bagaimana transformasi Kompas TV dalam beradaptasi menghadapi tantangan disrupsi era digital.

Pada akhir pemaparan, Haris berpesan agar para finalis FLS2N 2023 bidang Jurnalistik dapat menjadi agen perubahan di tengah Gen Z yang kini mengalami banjir informasi.

"Kalau teman-teman ingin membuat konten apapun, atau produk jurnalistik di akun-akun sosial media kalian, ingat tiga hal tadi. Berdasarkan fakta, ada verifikasi data, dan harus informatif," pesannya.

"Saya harapkan, memang teman-teman di sini bisa menjadi jurnalis ke depannya menggantikan kami-kami ini. Semoga teman-teman sukses," pesan Haris.

Salah satu peserta, Fira Aulia dari SMAN 1 Kasihan Yogyakarta mengaku kegiatan ini sangat menambah pengetahuan dan memantik dirinya untuk belajar lebih jauh terkait ilmu jurnalistik.

"Kami senang sekali dan merasa acara ini sangat bermanfaat," ungkap Fira.

Hal senada disampaikan Rava Adistya siswi SMAN Model Terpadu Bojonegoro, Jawa Timur. "Sangat menyenangkan dan pematerinya memberikan banyak insight baru terkait dunia jurnalistik," jelasnya.

Baca juga: Beri Kesempatan Siswa Belajar Bahasa Inggris dengan Native Speaker, Program Fulbright ETA Kembali Digelar

"Senang bisa melihat langsung kantor redaksi Kompas TV di Menara Kompas sehingga kita bisa tahu bagaimana kerja para jurnalis yang sedang mengolah berita. Hal ini menjadi gambaran baru buat kita pelajar, seperti inilah dunia jurnalistik sesungguhnya," tambah Rava.

Sys Buana Rija, siswa SMAIT Nurul Ilmi Jambi mengatakan sangat berkesan atas kunjungan kali ini.

"Terima kasih sekali kepada Kompas yang telah memberikan ilmu tentang jurnalistik, tantangan profesi jurnalis dan sistematisasi pengolahan berita yang ditunjukkan secara langsung," papar Rija. 

Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com