Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praktisi: Siswa Juga Butuh "Study Life Balance" agar Belajar Optimal

Kompas.com - 23/08/2023, 12:14 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Era digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan.

Teknologi pendidikan tidak hanya tentang inovasi pembelajaran, tetapi bagaimana teknologi dapat membantu siswa menciptakan keseimbangan yang sehat antara dunia akademis dan kehidupan pribadi mereka.

Praktisi pendidikan, Fernando Uffie mengatakan, keseimbangan antara kehidupan belajar dan pribadi siswa penting diperhatikan, supaya proses belajar bisa terasa menyenangkan dan lebih optimal.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Menumbuhkan kesenangan belajar

"Keseimbangan antara kehidupan belajar dan kehidupan pribadi itu penting. Karena menjadi seorang siswa bukanlah status, melainkan sebuah fase. Fase di mana anak-anak memerlukan kebebasan untuk menjelajahi kehidupan dan menemukan apa yang mereka sukai baik di dalam maupun di luar sekolah," jelas Fernando dalam acara Media Talkshow “Menyeimbangkan Waktu Belajar dan Pribadi untuk Wujudkan Mimpi” yang diselenggarakan oleh Kelas Pintar pada Selasa (22/08/2023).

Ellenduani Aprila Head of Marketing Communication Kelas Pintar, menuturkan bahwa upaya menyeimbangkan antara waktu belajar dan pribadi siswa juga menjadi tujuan Kelas Pintar. Itu mengapa, pihaknya terus berinovasi untuk membantu siswa belajar dengan efektif dan efisien, baik secara upaya maupun waktu.

"Kami di Kelas Pintar terus berinovasi, salah satunya adalah dengan menghadirkan antarmuka baru yang didesain untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan," tutur Duan.

Baca juga: Kisah Fredo, Mahasiswa yang Bawa Timnas Sepak Bola Amputasi ke Piala Dunia

Dengan pembaruan ini, pihaknya berharap agar proses pembelajaran di platform ini menjadi lebih efektif dan efisien, baik secara upaya maupun waktu.

Pembaruan ini, lanjut dia, diterapkan oleh Kelas Pintar sebagai bentuk kampanye study life balance bagi siswa.

Study life balance adalah konsep penting yang mengacu pada mencari keseimbangan antara waktu yang dihabiskan untuk belajar atau akademis dengan waktu untuk kegiatan pribadi, keluarga, dan rekreasi.

"Selanjutnya adalah bagaimana kami membawa kesenangan para siswa ke dalam aktivitas di Kelas Pintar. Salah satunya adalah dengan meluncurkan point system, dalam upaya mendekatkan para siswa pada impian yang ingin mereka capai melalui perjalanan akademis yang lancar atau tanpa hambatan," ucapnya.

Point system sendiri adalah sebuah bentuk apresiasi Kelas Pintar kepada para siswa yang menempuh perjalanan akademisnya menggunakan platform mereka.

Jadi, para siswa akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas yang mereka lakukan. Lalu, poin ini akan disusun ke dalam papan peringkat. Siswa yang memiliki posisi tertinggi, akan diberikan hadiah setiap bulannya.

Melalui teknologi inilah para siswa seolah-olah seperti diajak bermain game, padahal sebenarnya mereka sedang belajar.

Baca juga: Kisah Wiwit, Berhasil Menyandang 4 Gelar Akademik di Usia 25 Tahun

Hadiah yang ditawarkan oleh Kelas Pintar pun cukup beragam dan dapat memacu siswa untuk mengembangkan potensi dirinya.

"Hadiah yang kami siapkan cukup beragam, mulai dari yang terkait dengan hobi, cita-cita, hingga pengalaman hidup. Jadi, jika ada siswa yang bermimpi jadi YouTuber, gamers, beauty blogger dan lain sebagainya, dapat terfasilitasi oleh Kelas Pintar. Dan puncaknya adalah paket liburan gratis di penghujung tahun ajaran," imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk mulai menyadarkan masyarakat terkait pentingnya study life balance, Kelas Pintar juga akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa maupun stake holder terkait akan pentingnya kesimbangan antara kehidupan belajar dengan kehidupan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com