Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ospek Bebas Perpeloncoan, OMB UMN 2023 Fokus Penguatan Nilai

Kompas.com - 22/08/2023, 20:24 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pada hari pertama Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2023, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) fokus menanamkan nilai-nilai bermanfaat kepada peserta, seperti ketangguhan, kolaborasi, keberanian, 5C UMN, dan SDGs No. 4: Pendidikan Berkualitas.

“OMB saya tegaskan bukan perpeloncoan, OMB bukan ospek," tegas Rektor UMN Ninok Leksono pada pembukaan hari pertama OMB UMN 2023 yang digelar pada Selasa, 22 Agustus 2023.

"OMB telah saya kembalikan ke ranah yang benar, yaitu untuk mengenal kampus, mengenal program studi, mengenal kegiatan mahasiswa, dan mengembangkan atau mengaktualisasikan diri anda yang sejati,” lanjut Ninok Leksono.  

Setelah menjalankan Upacara Bendera, rangkaian dilanjut dengan perpindahan ke ruangan kelas dan pemutaran video kenali kampus. Melalui video tersebut, peserta diajak berkeliling kampus UMN secara virtual dengan menggunakan konsep video first point of view (POV).

Untuk membangkitkan rasa semangat, peserta pun diajak berdinamika dalam Aktivitas Angkatan. Melalui kegiatan ini, peserta diajak menulis surat yang berisikan kalimat motivasi untuk diri sendiri.

Surat ini ditujukan sebagai pendorong sekaligus pengingat bagi peserta untuk tetap berjuang di masa yang akan datang.

Berlanjut ke sesi Perkenalan Lembaga, peserta diperkenalkan ke berbagai lembaga yang ada di UMN. Dengan mengenalkan beberapa lembaga dan unit kegiatan, peserta dapat mengeksplorasi seluruh kegiatan yang ada di dunia perkuliahan nantinya.

Baca juga: Kenalkan Kehidupan Kampus kepada Mahasiswa Baru, UM Gelar PKKMB 2023

Selain itu, peserta juga turut diberikan amanat pada kegiatan Pembekalan Arsa. Brigitta Julia, salah satu Arsa (PIC) menyampaikan, ketika memasuki dunia perkuliahan, seorang siswa yang bertransformasi menjadi mahasiswa harus bisa menyesuaikan sikapnya kembali.

Peserta OMB UMN menuliskan kalimat motivasi sebagai penyemangat awal memasuki dunia perkuliahan.DOK. UMN Peserta OMB UMN menuliskan kalimat motivasi sebagai penyemangat awal memasuki dunia perkuliahan.

“Oleh karena itu, ketika teman-teman memasuki dunia perkuliahan, sikap dewasa menjadi penting," ujar Brigitta Julia.

"Sering kali kita berpikir kalau dewasa itu adalah ketika kita sudah berumur 17 tahun atau 20 tahun. Namun sebenarnya, dewasa sendiri itu adalah suatu sikap di mana kita bisa mandiri, berkontribusi, berkolaborasi, dan mampu berpikir secara kritis,” jelasnya.

Pada akhir kegiatan, peserta diarahkan mengikuti kegiatan Perkenalan Prodi untuk mengenal program studi yang ditempuh lebih dalam.

Baca juga: 6 Tips Pilih Lingkungan Pergaulan bagi Mahasiswa Baru di Kampus

“Peserta sungguh bersemangat dan berantusias. Satu pesan yang ingin aku titipkan bagi pejuang Kupu-kupu Bidadari adalah terus menjaga dan meningkatkan semangatnya,” pesan Samuel Gerald, perwakilan dari divisi Kampana (Acara).

“Teruslah meningkatkan kualitas diri untuk menanamkan integritas yang teguh dalam diri dan wujudkan kolaborasi melalui bangkitnya solidaritas antar sesama,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com