Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 17 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

Kompas.com - 22/08/2023, 14:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 yang tahun depan akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, perlu menimbang-nimbang jurusan kuliah yang akan dipilih.

Bagi siswa jurusan IPA, biasanya akan memilih jurusan di rumpun ilmu yang sama. Selain Kedokteran, ada berbagai jurusan kuliah IPA lainnya yang bisa kamu pilih.

Sebagai salah satu strategi, kamu bisa memilih jurusan kuliah IPA yang jarang diminati.

Karena peminatnya sedikit, diharapkan peluang untuk diterima masih terbuka lebar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jurusan kuliah IPA yang jarang diminati dan bisa dijadikan referensi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan kuliah tahun depan.

Baca juga: Kenali 4 Platform Teknologi Kemendikbud Ristek

1. Jurusan Teknik Nuklir

Jurusaan Teknik Nuklir menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati. Jurusan Teknik Nuklir tersedia di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN).

2. Jurusan Teknik Biomedis

Teknik biomedis atau biomedical engineering adalah jurusan yang menggabungkan bidang ilmu kedokteran (medis) dan teknik. 

Kampus yang menyediakan jurusan Teknik Biomedis mulai dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga Institut Teknologi Sumatera (Itera).

3. Jurusan Oseanografi

Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati berikutnya adalah Jurusan Oseanografi. Jurusan ini tersedia di sejumlah perguruan tinggi, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga Universitas Diponegoro (Undip).

Lulusan Oseanografi memiliki peluang untuk berkiprah di bidang riset/penelitian, konsultan, administrator kelautan instansi pemerintah, perusahaan survei swasta asing dan nasional, pendidikan, pariwisata dan olahraga bahari, industri perikanan, industri pertambangan dan migas, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan wirausaha.

4. Jurusan Astronomi

Calon mahasiswa yang berminat memilih Jurusan Astronomi akan mempelajari tentang fenomena berbagai benda langit.

Baca juga: Binus Dirikan Satu University, Biaya Kuliah Rp 6 Juta Per Semester

Jurusan Astronomi hanya ada di ITB saja. Meski peminatnya sedikit namun prospek kerja jurusan ini cukup luas.

5. Jurusan Teknik Planologi

Jurusan Teknik Planologi ini juga dikenal dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Jurusan ini mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Universitas yang menyediakan jurusan ini seperti Institut Teknologi Nasional, UGM, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Hasanuddin dan banyak kampus lainnya.

Baca juga: Cerita Alqe, Awardee Beasiswa Indonesia Maju Raih Pendanaan Rp 4 Miliar

6. Jurusan Teknik Perkapalan

Mungkin ada calon mahasiswa yang belum familiar dengan Jurusan Teknik Perkapalan. Siswa yang ingin memilih jurusan kuliah IPA bisa menjadikan jurusan Teknik Perkapalan ini sebagai salah satu alternatif karena termasuk jurusan jarang diminati.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com