Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara Tawarkan Beasiswa dan Visa Kerja Mudah bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 17/08/2023, 09:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika melanjutkan studi sekaligus bekerja di luar negeri merupakan salah satu impianmu, sejumlah negara menawarkan beasiswa kuliah sekaligus peluang untuk lanjut kerja setelah lulus.

Selain berkesempatan untuk memperdalam kemampuan dan mendapatkan penghasilan, berkuliah sekaligus bekerja di luar negeri juga menawarkan kesempatan untuk belajar budaya baru.

Namun, permohonan visa kerja seringkali menjadi rintangan bagi orang-orang yang ingin bekerja di luar negeri.

Baca juga: Anak Muda Diminta Pikir Dua Kali kalau Mau Pindah Kewarganegaraan, Ini Alasannya

 

Visa kerja sendiri adalah dokumen penting yang dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin bekerja di negara lain. 

Tanpa adanya dokumen ini, orang yang bekerja di negara asing dapat dikategorikan sebagai pekerja ilegal dan dapat dituntut pidana.

Oleh karena itu, menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan pengajuan visa kerja menjadi langkah awal yang perlu disiapkan jika kamu ingin berkarier di luar negeri.

Namun, kamu juga dapat memilih negara dengan proses visa kerja paling mudah agar peluangmu bekerja dan melanjutkan studi di luar negeri semakin besar.

Berikut 5 negara dengan proses visa kerja paling mudah dan rekomendasi beasiswanya, dilansir dari lembaga bimbingan bahasa studi abroad @titiknolenglish:

1. Belanda

Negara yang disebut sebagai negeri seribu kincir ini terkenal dengan sistem work-life balance terbaik. Melalui orientation visa, warga non-Uni Eropa dapat tinggal dan bekerja di Belanda setelah menyelesaikan kuliah.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke 9 Negara, Tanpa Syarat IPK dan Gratis Akomodasi

Negara ini juga memiliki visa khusus bagi orang-orang yang memiliki ide untuk membuat start up, serta bersedia untuk mengembangkan ide bisnis tersebut selama satu tahun di Belanda.

Beberapa rekomendasi beasiswa kuliah di Belanda, antara lain:

  • Orange Tulip Scholarship
  • Erasmus
  • Holland Scholarship

2. Irlandia

Negara yang terletak di sebelah barat laut Benua Eropa ini, mengizinkan warga negara asing untuk mengajukan izin kerja selama satu tahun. Selain itu, Irlandia juga mengizinkan warga negara non-Uni Eropa bekerja legal hingga dua tahun di negara tersebut.

Beberapa rekomendasi beasiswa yang dapat digunakan menuju ke Irlandia, antara lain:

  • Government of Ireland International Education Scholarship (GOI-IES)
  • Erasmus
  • University College Dublin Global Excellence Program

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri Sepi Peminat, tapi Uang Saku Besar

3. Jerman

Negara yang terkenal akan penguasaan ilmu dan teknologi ini juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin lanjut studi dan berkarier di luar negeri. Jerman menawarkan EU Blue Card bagi warga negara asing yang memiliki keterampilan dan latar belakang pendidikan yang baik.

Negara ini juga mengizinkan warga non-Uni Eropa tinggal dan bekerja asalkan telah memiliki pengalaman profesional dan kontrak kerja sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com