Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPJ Luncurkan Perpustakaan Kekinian, Perpusnas Ajak Kampus Beri Kontribusi ke Masyarakat

Kompas.com - 13/08/2023, 09:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar peluncuran fasilitas terbaru perpustakaan di Kampus UPJ, Kawasan Kota Modern Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, pada 8 Agustus 2023.

Perpustakaan UPJ diresmikan langsung Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando.

Rektor UPJ, Leenawaty Limantara menjelaskan (13/8/2023), kegiatan ini menjadi bentuk komitmen UPJ mendukung program literasi nasional dengan merevitalisasi perpustakaan kampus dan menambahkan berbagai fasilitas modern juga kekinian.

"Sekaligus untuk meningkatkan layanan dan kenyaman mahasiswa serta warga UPJ lainnya mengingat perpustakaan adalah jantung universitas yang harus dapat diandalkan oleh seluruh masyarakat UPJ," jelas Leenawaty Limantara.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UPJ juga memberikan apresiasi kepada Perpusnas atas dukungan besar yang diberikan kepada UPJ, di antaranya hampir setiap tahun UPJ menerima sumbangan buku baik langsung dari Perpusnas maupun dari mitra Perpusnas seperti Asia Foundation.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas menyerahkan hibah kepada Perpustakaan UPJ berupa 1.500 eksemplar buku siap layan. Ini adalah kali kedua Perpustakaan UPJ mendapatkan hibah dari Perpusnas. 

Kontribusi perpustakaan kampus

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menjelaskan, sebagai pembina dari seluruh perpustakaan di Indonesia, Perpusnas bertugas memastikan aktivitas seluruh perpustakaan yang ada berjalan baik.

“Semua fasilitas yang ada di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan, gratis. Inovasi dan terobosan baru dari UPJ sangat mungkin untuk bisa diserbarluaskan melalui Perpusnas,” ujar Syarif Bando.

Baca juga: Tangis Kepsek SD di Ponorogo, Tak Ada Murid yang Daftar di Sekolahnya, Ruang Kelas Kini Dijadikan Perpustakaan

"Perpusnas sendiri merupakan bagian daripada kampus sehingga para mahasiswa diharapkan datang untuk melakukan berbagai aktivitas khususnya yang berkaitan dengan peningkatan literasi di Perpusnas," tambahnya.

Syarif Bando juga menekankan, perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar, namun harus juga berkontribusi bagi masyarakat.

Perguruan tinggi yang ingin menjadi besar harus menjadikan perpustakaannya prioritas utama dalam mendukung pendalaman pengetahuan sivitas akademika,” pungkasnya Syarif Bando.

Peluncuran perpustakaan UPJ dilanjutkan dengan "Talkshow Literasi Kesejahteraan" yang juga menghadirkan Dani Miftahul Akhyar, Head of Community Development & PR Smartfren sebagai narasumber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com