Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Buka Pendaftaran Prodi Kedokteran, Batas Akhir 9 Agustus 2023

Kompas.com - 31/07/2023, 13:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan kedokteran, masih ada kesempatan untukmu mendaftar. Pasalnya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka pendaftaran Program Studi (Prodi) Kedokteran di bawah Fakultas Kedokteran (FK).

Melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB Unesa 2023, calon mahasiswa yang ingin masuk Prodi Kedokteran Unesa diberi waktu mendaftar hingga 9 Agustus 2023.

Rektor Unesa, Prof. Nurhasan mengatakan, dibukanya prodi Kedokteran tersebut menyusul setelah turunnya SK atau rekomendasi dari sejumlah pihak mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), LAM-PTKes hingga Gubernur Jatim.

"Kesiapan kami sudah diasesmen dan divisitasi beberapa kali oleh sejumlah pihak, seperti Kemenkes sejak akhir tahun lalu dan terakhir dari KKI beberapa tahap lalu LAM-PTKes pekan lalu. Alhamdulillah rekomendasi dari semua pihak sudah turun," ucap Rektor Nurhasan dilansir dari keterangan resmi.

Baca juga: Kisah Alfatea, Lulus Summa Cumlaude IPK 3,97 dari Kedokteran UB

Ia menambahkan bahwa FK Unesa sudah memiliki gedung sendiri yang letaknya di sebelah kanan gedung rektorat.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan akademik maupun praktek mahasiswa-dosen.

"Laboratorium pun sudah tersedia di sana. Jumlahnya ada 12 laboratorium (lab) dengan berbagai fasilitas pokok dan pendukungnya," imbuh dia.

Ada Lab Anatomi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Parasitologi, Fisiologi, Mikrobiologi, Biokimia, Histologi, Osce dan Keterampilan Klinik Medis, Kesehatan Masyarakat dan Komunitas hingga Lab Bioetika dan Humaniora Kesehatan.

Selain itu, pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang ada di Surabaya di antaranya RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH).

Termasuk bermitra dengan banyak rumah sakit yang ada di kota dan kabupaten lain seperti RSUD dr. Sayidiman, Magetan.

Sejumlah mitra itu selain menjadi tempat praktek mahasiswa juga secara umum menjadi rumah sakit pendidikan satelit bagi Unesa.

Baca juga: 8 Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia 2023, Cek Biaya Kuliahnya

Artinya, para mitra itu menjadi rumah sakit umum yang digunakan institusi pendidikan guna mencapai kompetensi tenaga kesehatan di bidang kedokteran.

Sementara, Dekan FK, Endang Sri Wahjuni, menambahkan jika FK Unesa, memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan FK yang ada di kampus lain.

FK di kampusnya punya muatan keolahragaan. Komposisi atau muatannya secara dominan memang terkait kedokteran seperti pada umumnya, tetapi juga ada sekian persen muatan keolahragaan.

"FK ini merupakan upaya kami dalam menjawab kebutuhan dokter di Indonesia yang masih kurang. Rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk kita yaitu 0,42 dokter per 1.000 populasi. Padahal standar WHO, idealnya satu dokter per 1.000 populasi. Itu yang menjadi semangat kami," ucapnya. 

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran dan Farmasi Unair Jalur Mandiri 2023

Dia menambahkan, prodi Kedokteran UNESA mulai membuka pendaftaran pada 1-9 Agustus 2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jurusan Kedokteran Unesa bisa langsung ke laman, https://admisi.unesa.ac.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com