Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 1.786 Pendaftar, 10 Pelajar SMA-SMK Raih Beasiswa Pertamina

Kompas.com - 31/07/2023, 08:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 10 putra-putri terbaik Riau meraih Beasiswa Prestasi S1 Pertamina Hulu Rokan (PHR), dari total 1.786 pendaftar baik siswa SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah (MA).

Mereka yang terpilih melalui seleksi administrasi, tes potensi akademik, wawancara, dan terakhir forum group discussion (FGD) hingga terpilih jadi penerima beasiswa penuh kuliah S1 ke Universitas Pertamina.

Gubernur Riau H Syamsuar menyambut para penerima beasiswa dan berpesan supaya jangan menyia-nyiakan beasiswa yang diberikan oleh PHR.

Baca juga: Biaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta, Solo, Semarang, Mana Lebih Murah?

Syamsuar juga menyampaikan beasiswa ini mendukung upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk percepatan pembangunan.

"Selamat dan sukses untuk 10 putra-putri asli Riau penerima Beasiswa Prestasi PHR S1 yang akan menempuh pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Jadilah mahasiswa unggulan di Universitas Pertamina. Nantinya, ananda sekalian akan menjadi agen pembangunan Provinsi Riau," kata dia dalam keterangan resminya, Senin (31/7/2023).

Direktur Utama PHR Chalid Said Salim mengapresiasi tingginya minat putra-putri Riau untuk mengikuti seleksi penerimaan Beasiswa PHR.

Said juga menyampaikan beasiswa ini menjadi wujud komitmen PHR untuk terus memajukan pendidikan di Riau.

"Mereka patut bangga karena telah terpilih dari persaingan begitu ketat di setiap tahapan, mengingat pendaftarnya merupakan siswa-siswi berprestasi di sekolahnya masing-masing. Beasiswa ini merupakan bentuk komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR yang memenuhi poin SDG’s ke-4 yakni Pendidikan Berkualitas," ujar dia.

Perusahaan percaya bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat.

"Semoga tahun depan kami bisa menyelenggarakan kembali beasiswa ini," tambah Chalid.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra Bagian Utara, Rikky Rahmat Firdaus turut menyampaikan kebanggaan atas keberhasilan PHR yang menjalankan Program Beasiswa S-1 sehingga terpilih 10 siswa terbaik untuk melanjutkan studi di Universitas Pertamina.

Baca juga: Sosiolog UGM: Anak Muda Rentan Terkena Gangguan Kesehatan Mental

"Selamat kepada putra putri terbaik Riau terpilih. Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen industri hulu migas untuk turut peduli dalam menyiapkan SDM lokal di daerah," terang Rikky.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari mengatakan, penerima beasiswa yang terpilih merupakan keputusan bersama antara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT PHR, Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina.

"Dari peluncuran Beasiswa Prestasi PHR S1 hingga terpilih 10 penerimanya, Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dan Universitas Pertamina. Saya berharap ini bukanlah akhir, melainkan awal untuk kerja sama dan kolaborasi melalui program beasiswa pendidikan maupun pemberdayaan masyarakat," ungkap Agus.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Wawan Gunawan A Kadir menyambut para penerima beasiswa dan berharap mereka mampu mengembangkan serta memaksimalkan bakat minat dan kelimuannya selama berkuliah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com