Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar MPLS, Sekolah Insan Cendekia Madani Perkuat Pendidikan Karakter

Kompas.com - 30/07/2023, 19:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM) membuka tahun ajaran baru dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan memperkenalkan Kurikulum Madani milik ICM yang ditujukan untuk memperkuat pendidikan karakter para peserta didik (27-28/7/2023).

Selama MPLS, ICM bekerja sama dengan Kodiklat TNI dan akan dilaksanakan di Markas Kodiklat TNI, dengan tujuan memperkuat jiwa kepemimpinan dengan metode Latihan Dasar Kepemimpinan.

Diharapkan siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan akademik dan keislaman yang berkualitas, tetapi juga memiliki kesempatan mengembangkan kepemimpinan dan kontribusi positif dalam masyarakat.

Direktur Akademik, Dani Mohammad Ramdani menyampaikan, kegiatan dirancang ICM dengan eksposur nasional dan internasional dengan harapan memberikan kesempatan kepada siswa selama masa boarding melakukan eksplorasi melalui berbagai macam pengalaman.

"Sehingga dapat menjadi jalan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi anak yang tentu saja tetap dibersamai dengan nilai-nilai keislaman yang kuat. Dengan harapan kemudian harinya anak akan menjadi pribadi yang berbakat, dengan kemampuan kepemimpinan islam yang tinggi pula,” jelasnya.

Dani Mohammad Ramdani menjelaskan, dengan Kurikulum Madani nantinya akan memperkuat program pendidikan karakter dan kepemimpinan sehingga siswa ICM tidak hanya sukses secara akademik, namun juga memiliki kualitas moral baik.

Dia menjelaskan, Kurikulum Madani milik ICM merupakan metode yang dibentuk secara komprehensif dengan melakukan kolaborasi antara Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Keislaman yang diperkuat Ewan Institute dari Jordan, Yordania.

Memadukan ketiga kurikulum ini nantinya akan membantu meningkatkan kemampuan para siswa tidak hanya dari sisi akademik, namun juga dari sisi non-akademik.

Baca juga: Cerita Guru Defi, Hadirkan MPLS Menyenangkan Tumbuhkan Rasa Kekeluargaan

 

"Sehingga setiap kegiatan yang dijalankan oleh peserta didik selama masa boarding akan mempermudah mereka dalam mempelajari dan mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan, integritas, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, dan rasa empati," ujarnya.

Selain itu hal ini diharapkan pula akan membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian yang seimbang dengan nilai-nilai keislaman.

Kurikulum Madani di ICM, lanjutya, melibatkan kolaborasi antara guru, staf sekolah, dan ahli pendidikan untuk memastikan konsistensi dan integrasi nilai-nilai karakter dan keislaman dengan mata pelajaran lainnya.

"ICM terus mengevaluasi dan meningkatkan kurikulum agar tetap relevan dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Dengan demikian, ICM sebagai Boarding School yang holistik dapat memberikan pendidikan karakter yang integral bagi siswa secara keseluruhan," tambahnya.

"Melalui Kurikulum Madani, ICM berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang terjamin kepada masyarakat Indonesia pada umumnya, dan juga masyarakat Tangerang Selatan pada khususnya," tutup Dani Mohammad Ramdani.

Kegiatan MPLS ICM tahun ini juga dihadiri Muhammad Ari Ramadhan (Direktur Utama), Bambang Eko Nugroho (Direktur Training & Development), Mohamad Husni (Direktur Kepengasuhan), Ainun Khaerani (Direktur Keuangan), dan juga Ketua Osis SMA ICM, Tan Nisa Ramadaniya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com