Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengawali Semester Baru, Evaluasi hingga Pahami KRS

Kompas.com - 30/07/2023, 08:02 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah menikmati masa libur, biasanya pada bulan Agustus, mahasiswa akan memulai awal semester baru.

Bagi mahasiswa yang akan memulai semester baru maupun mahasiswa baru yang akan mengikuti masa pengenalan kampus, pastinya perlu mengumpulkan semangat untuk memulai perkuliahan dan kebiasaan baru.

Hari-harimu akan disibukkan dengan perkuliahan hingga mengerjakan tugas-tugas dari para dosen. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tetap semangat menjalani semester baru.

Dilansir dari Politeknik Tempo, Minggu (30/7/2023) masa liburan semester dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar pada semester lalu. Dari hasil evaluasi ini bisa memperbaikinya di semester baru yang akan dijalani.

Baca juga: SMA Swasta Terbaik di Medan, Hanya Ada 5 Sekolah

Tips mengawali semester baru bagi mahasiswa

Untuk mengawali semester, tentu saja perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih siap menghadapi semester baru dan tentunya semakin terarah, rapi, dan jelas. Berikut tips mengawali semester baru yang bisa kamu terapkan:

1. Evaluasi semester lalu

Tips pertama untuk mengawali semester baru adalah melakukan evaluasi pembelajaran di semester sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan agar mahasiswa tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan di semester lalu.

Mahasiswa bisa melakukan koreksilah diri selama satu semester lalu. Kesalahan dan kekuranganmu kemudian perbaikilah pada semester depan agar menjadi lebih baik lagi.

2. Buat target yang ingin dicapai

Sebelum mengawali semester baru, ada baiknya mahasiswa membuat daftar target yang ingin kamu capai. Target ini menjadi sebuah patokan atau pedoman yang dapat dilakukan agar lebih terarah dan jelas pada saat menjalani semester baru.

Misalnya jika kamu ingin meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Tentunya kamu harus lebih rajin masuk kuliah, mengerjakan tugas dan belajar tekun saat menghadapi ujian.

Baca juga: Cek 20 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

3. Disiplin pada waktu dan jadwal

Tips berikutnya untuk mengawali semester baru adalah menerapkan sikap disiplin pada waktu. Hal ini sangat penting dan sangat berpengaruh dalam pencapain tujuan pembelajaran yang diinginkan sebagai mahasiswa.

Jika mahasiswa tidak disiplin maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Manajemen waktu yang baik untuk belajar akan menimbulkan kesadaran terhadap pentingnya waktu. Sehingga dapat menghargai dan memanfaatkan waktu dengan baik. Untuk belajar dan untuk melakukan kegiatan lain seperti bersosialisasi dengan teman-teman.

4. Selektif dalam mencari teman

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com