Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Raih 2 Penghargaan Capaian IKU Terbaik dari Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 25/07/2023, 10:45 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) meraih dua penghargaan dari kategori Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN-BH dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

UI meraih dua penghargaan kategori Keunggulan IKU Liga PTN-BH untuk Mahasiswa Mendapatkan Pengalaman di Luar Kampus dan kategori Pertumbuhan IKU Terbaik PTN-BH.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua tim dan semua sivitas akademika UI yang berhasil meraih Capaian IKU yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.

Baca juga: 8 PTN Raih Capaian IKU Terbaik, Lulusan ITS Lebih Cepat Dapat Kerja

“Ini adalah sebuah usaha keras dari semua stakeholder sivitas akademika UI untuk tetap mempertahankan dalam upaya memenuhi IKU yang diamanatkan oleh Kemendikbudristek. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan tetap semangat untuk terus bekerja lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya dilansir dari laman UI, saat Tadi menghadiri acara “Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Triwulan II Tahun 2023 di Lingkungan Ditjen Diktiristek” pada Jumat, (21/7/2023).

Penilaian kinerja perguruan tinggi ini didasarkan pada delapan IKU yang meliputi:

  • IKU 1- Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak
  • IKU 2–Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus
  • IKU 3–dosen berkegiatan di luar kampus
  • IKU 4–praktisi mengajar di dalam kampus IKU 5–hasil kerja dosen digunakan masyarakat
  • IKU 6–program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia
  • IKU 7–kelas yang kolaboratif dan partisipatif
  • IKU 8–Program studi berstandar internasional.

Selain itu, pada acara yang sama UI juga melakukan Penandatanganan Dokumen Kontrak Dana Abadi Perguruan Tinggi PTN–BH Tahun 2023.

Baca juga: 15 Kota Pelajar Terbaik di Dunia, Yogyakarta Nomor Berapa?

UI Turut Menandatangani Dokumen Kontrak Dana Abadi PTN-BH

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, hadir pada untuk menandatangani Dokumen Kontrak Dana Abadi PTN-BH Tahun 2023 terkait pengelolaan dana abadi.

Bersama 15 PTN-BH lainnya, UI berkomitmen untuk terus meningkatkan dana abadi atau endowment fund agar hasilnya dapat dimanfaatkan untuk penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan universitas.

Baca juga: Daftar PTN Peraih Capaian IKU dan ZI WBK Terbaik 2022

Prof. Ari menyebut bahwa hasil pengelolaan dana abadi ini telah disalurkan kepada mahasiswa dalam bentuk beasiswa.

Sementara, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt Dirjen Diktiristek) Nizam, menyampaikan bahwa dana abadi itu penting untuk menjadi dasar agar sebuah perguruan tinggi bisa tumbuh secara lebih stabil.

“Harapan saya, setiap PTN-BH memiliki dana abadi yang tinggi sehingga bisa berlari kencang tanpa khawatir dengan UKT dan berbagai macam gejolak anggaran negara yang dinamikanya sangat tinggi. Saya juga berharap beberapa perwakilan PTN–BH bisa belajar tentang penggalangan dan pengelolaan dana abadi dari perguruan tinggi luar negeri yang telah mampu mengelolanya sehingga kita dapat melihat bagaimana perguruan tinggi tersebut bisa menjadi perguruan tinggi kelas dunia,” ujar Prof. Nizam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com