Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariawan Gunadi Jadi Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia, Beri Pesan bagi Generasi Muda

Kompas.com - 25/07/2023, 09:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) mengukuhkan Prof Dr Ariawan Gunadi sebagai profesor dan dosen tetap bidang Hukum Bisnis, Senin (24/7/2023).

Pengukuhan ini sekaligus menjadikan Ariawan yang kini berusia 38 tahun, berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Profesor atau Guru Besar termuda bidang Hukum Bisnis di Indonesia.

Sebelumnya, ia juga meraih gelar Doktor termuda di Universitas Indonesia (UI) pada usia 27 tahun dengan predikat cumlaude.

Baca juga: Sosok Nadi, Anak Petani yang Jadi Guru Besar Termuda di Unesa

Generasi muda harus punya mimpi tinggi

Prof Ariawan lahir 19 Maret 1985. Sejak menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Untar, ia merupakan mahasiswa bimbingan Prof. Dr. Ahmad Sudiro.

“Raihan Guru Besar hukum bisnis termuda ini merupakan prestasi yang luar biasa,” Prof Sudiro.

Selama menjadi dosen di Untar, Ariawan juga meraih Best Professional Award 2020 by Obsession Award karena aktif menulis artikel Hukum Bisnis di berbagai media massa serta publikasi Jurnal Ilmiah.

Ariawan menyatakan, ia ingin menjadikan pengukuhan ini sebagai momen motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk semangat dalam meraih mimpi.

"Di sini banyak anak-anak muda. Mungkin saya boleh sedikit sharing dan sedikit berpesan, mungkin bisa menjadi motivasi. Bukan berarti saya lebih baik, bukan. Tapi paling tidak saya ingin memberikan sedikit filosofi," ujar Ariawan di Untar, Senin (24/7/2023).

Menurutnya, untuk meraih kesuksesan, hal pertama yang harus dimiliki anak-anak muda ialah mimpi yang tinggi.

Baca juga: Untar Masuk Pemeringkatan Times Higher Education 2023

"Saya dari keluarga sederhana sekali, saya punya mimpi. Tidak mudah, tapi harus juga punya road map, menata bagaimana mimpi itu bisa menjadi hebat. Itu membuat you can achieve your goal, you can achieve your dream," ujarnya.

Setelah itu, Ariawan mengatakan bahwa networking dan passion juga menjadi kunci penting dalam meraih impian.

"Harus memiliki network yang hebat. Juga harus memiliki passion. Jadikan passion itu yang hebat agar kita bisa menjadi yang terbaik, paling tidak mendekati yang terbaik untuk di bidang kita," paparnya.

Universitas Tarumanagara (Untar) mengukuhkan Prof Dr Ariawan Gunadi sebagai profesor dan dosen tetap bidang Hukum Bisnis, Senin (24/7/2023).
Dok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIH Universitas Tarumanagara (Untar) mengukuhkan Prof Dr Ariawan Gunadi sebagai profesor dan dosen tetap bidang Hukum Bisnis, Senin (24/7/2023).

Tidak hanya sekadar memiliki mimpi besar, dalam meraih kesuksesan, kerja keras tampaknya juga menjadi salah satu hal yang konsisten dilakukan oleh Ariawan.

"Saya selalu belajar untuk berlari ketika orang lain berjalan. Bekerja ketika orang lain bermalasan dan bangun ketika orang lain tidur. Jadi, kalau kontak saya jam 1, jam 2, jam 3 malam, memang kadang-kadang saya suka reply cepat sekali, ya karena memang itu tugas dan tanggung jawab saya yang diamanahkan dari pimpinan, yang saya harus jalankan dengan sebaik-sebaiknya," ujarnya.

"Kesempatan itu, hidup itu hanya satu kali. Itulah kesempatan kita untuk membuat legacy yang terbaik," imbuh Ariawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com