Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Goes to Campus, PTBA Bagikan 4 Tips Lolos Rekrutmen BUMN

Kompas.com - 23/07/2023, 16:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ikut mendukung kegiatan BUMN Goes To Campus di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang pada Kamis (13/7/2023). PTBA melalui kegiatan ini berbagi aneka tips bagi mahasiswa yang tertarik berkarier di BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan milik negara lain, PTBA yang merupakan bagian dari Holding Industri Pertambangan Mind Id (Mining Industry Indonesia) menggelar sesi talkshow dengan berbagai narasumber yang menyampaikan program-program menarik di BUMN.

Selain itu, para peserta juga dapat mengunjungi 10 booth edukasi dari BUMN, di antaranya PTBA, Bank Mandiri, PLN, Pusri, Pegadaian, PGN, Hutama Karya, Semen Baturaja, dan Telkomsel.

Sebagai informasi, Menteri BUMN Erick Thohir melalui program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) dan Magang Generasi Bertalenta BUMN (Magenta) memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berkarir di BUMN. 

Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam kesempatan tersebut menyampaikan, salah satu kunci keberhasilan yang harus dimiliki dalam berkarir adalah soft skill, disiplin dalam manajemen waktu, memperluas networking, dan memperbanyak pengalaman.

"Bukan itu saja, ada beberapa tips penting yang bisa dijadikan rumus untuk menjadi bagian dari perusahaan pelat merah," lanjut Heri Yusuf.

4 Tips lolos seleksi BUMN

Baca juga: Komentar Erick Thohir soal Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN yang Dianggap Terlalu Sulit

"Untuk bisa lolos seleksi rekrutmen BUMN, ada tips yang harus dipatuhi, yaitu rumus 4P yang meliputi plan, prepare, practice, dan presence," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf.

1. Perencanaan

Plan atau perencanaan adalah proses calon karyawan berupa perencanaan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi tes. Pasalnya, mayoritas kegagalan peserta bukan disebabkan kurang belajar, melainkan pikiran yang terlalu ruwet.

Pada tahap ini, hal paling penting adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri. Dengan demikian, peserta akan bisa melalukan yang terbaik.

2. Persiapan

Tips selanjutnya adalah prepare atau persiapan. Menurut Heri, penting bagi peserta untuk melakukan riset dan mempelajari tentang perusahaan pelat merah yang akan mereka lamar. Melalui riset, peserta akan mengetahui perusahaan lebih detail, sehingga akan lebih mudah saat menjalani tes.

3. Latihan

Adapun tips selanjutnya adalah practice atau latihan. Tak bisa dipungkiri bahwa latihan menjadi salah satu tahap penting sebelum menghadapi tes dan wawancara.

Peserta bisa melakukan latihan wawancara dengan kerabat berupa proses tanya jawab. Hal ini akan memper lancar komunikasi saat tes. "Latihan juga bisa membantu mengendalikan rasa gugup saat tes dan wawancara," tuturnya.

4. Penampilan

Tips lolos seleksi rekrutmen BUMN yang terakhir adalah presence atau penampilan. Menurut Heri, komunikasi dalam sesi wawancara tidak hanya terjadi secara verbal, melainkan juga non-verbal melalui gestur dan penampilan.

Baca juga: Dimulai Besok, Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN

Dari proses wawancara, setidaknya 80 persen komunikasi tersebut juga melihat aspek cara berbicara, gestur, dan antusiasme peserta. Oleh karena itu, peserta harus memperlihatkan antusiasme yang tinggi, gestur yang baik, dan penampilan yang rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com