Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Labschool Cibubur Ikut Jambore Dunia World Scout Jamboree 2023

Kompas.com - 23/07/2023, 09:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Para siswa SMA Labschool Cibubur akan mewakili Indonesia dalam ajang World Scout Jamboree ke-25 yang akan berlangsung pada 1-12 Agustus 2023 di Saemangeum, Korea Selatan.

Sebagai peristiwa akbar dalam dunia pramuka, keikutsertaan SMA Labschool Cibubur dalam event yang diikuti oleh 153 negara ini membawa semangat persahabatan dan keberagaman untuk bersatu dengan pramuka dari seluruh penjuru dunia.

Sebanyak 31 siswa SMA Labschool Cibubur telah melakukan sejumlah persiapan meliputi pembelajaran tentang budaya Korea, bahasa, adat istiadat, dan tradisi, sehingga diharapkan mereka dapat beradaptasi dengan lancar dalam lingkungan yang baru.

Baca juga: Tiket Terjual Habis, SMA Labschool Cirendeu Persembahkan Rendezvous 2023

Selain itu, para siswa juga telah mengasah keterampilan pramuka dan kepemimpinan melalui latihan kemah, penjelajahan alam, serta berbagai kegiatan sosial.

Ali Chudori selaku Kepala SMA Labschool Cibubur menyampaikan bahwa para siswa terpilih bukan hanya dari SMA Labschool Cibubur melainkan siswa se-Indonesia untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan World Scout Jamboree 2023 Korea telah menjadi ajang yang luar biasa bagi pramuka dari berbagai penjuru dunia untuk merayakan persahabatan, keberagaman, dan petualangan,” tutur Ali Chudori dalam keterangan resmi.

Dalam rangkaian persiapan menuju 25th World Scout Jamboree 2023 Korea yang digelar di SMA Labschool Cibubur, Sabtu (22/7/2023), Mayor Jenderal TNI Mar (Purn.) Yuniar Ludfi selaku Ketua Kontingen Indonesia di Jambore Dunia 2023 memberikan pesan kepada peserta dari SMA Labschool Cibubur untuk mengambil bagian aktif dalam memupuk semangat persahabatan dan menghargai keberagaman budaya.

Baca juga: Lahirkan Insan Terampil di Abad Ke-21, BPK PENABUR Jakarta Gelar PENABUR Kids Festival 2023

Ludfi berharap agar seluruh peserta dapat menyiapkan fisik dan mental serta menjadikan kacu merah putih sebagai sebuah kebangaan dan kehormatan yang harus dijaga dalam aktivitas 25th World Scout Jamboree 2023 Korea.

Selain itu, Ludfi juga berpesan menjadikan kegiatan World Scout Jamboree ini sebagai pengalaman baru yang berharga untuk membangun wawasan dunia di era globalisasi seperti saat ini.

World Scout Jamboree 2023 digelar untuk membuka pandangan peserta tentang dunia, membawa semangat persahabatan, dan mengajarkan setiap peserta tentang arti pentingnya keberagaman.

Para peserta dapat berbagi tentang kehidupan mereka di negara asalnya, bagaimana mereka bersekolah, dan bagaimana mereka merayakan momen spesial, dan menjalin persahabatan yang erat.

Baca juga: Psikolog Sekolah Cikal: Ini 3 Rekomendasi Penyelesaian Isu Wisuda TK-SMA

Hal ini diharapkan dapat membuka pandangan siswa tentang dunia, membawa semangat persahabatan, dan mengajarkan mereka tentang arti pentingnya keberagaman.

Keikutsertaan SMA Labschool Cibubur di 25th World Scout Jamboree 2023 Korea adalah bukti bahwa semangat pramuka dan semangat persahabatan dapat menyatukan bangsa dalam panggung internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com