Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitabumi Shine Voices Dapat 2 Medali Emas di Ajang Internasional

Kompas.com - 22/07/2023, 14:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gitabumi Shine Voices berhasil mendapatkan medali emas dalam kompetisi internasional, World Choir Games 2023.

Kompetisi internasional yang diselenggarakan di Gangneung, Republik Korea, menjadi panggung terhebat Gitabumi Shines sebab ada dua medali emas yang diraih. Yakni untuk kategori Pop Choir dan kategori Jazz.

Bahkan untuk kategori Pop Choir dinobatkan sebagai Champion of World Choir Games 2023.

Baca juga: Cerita Azzara Lulus dari UB IPK 3,97 dan Diterima 2 Perusahaan Jepang

Gitabumi Shine Voices sendiri merupakan kolaborasi dari dua grup paduan suara terbaik di Indonesia, yaitu Gitabumi Voices dari Jakarta dan Shine Harmony Choir dari Surabaya.

Mereka berhasil menggapai mimpi mereka dengan menjuarai World Choir Games Gangneung 2023 dan melantunkan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" di kompetisi bergengsi tersebut.

Baik Gitabumi Voices maupun Shine Harmony Choir telah memiliki rekam jejak prestasi yang mengagumkan di bidang paduan suara.

Gitabumi Voices, dipimpin oleh konduktor Tedy Eka Supriyandi yang telah mengukir prestasi di berbagai kompetisi internasional di Italia hingga Swedia. 

Baca juga: Cerita Ary, Jadi Mahasiswa Terbaik di Polandia dengan IPK Sempurna

Puncaknya adalah ketika grup ini memenangkan Grand Prix of Nation untuk kategori Pop, Jazz, dan Show Choir di Gothenburg, Swedia pada 2019.

Sementara itu, Shine Harmony Choir yang dipimpin oleh Bayu Azhairudin juga telah berprestasi di berbagai kompetisi paduan suara, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Kombinasi keahlian dan dedikasi anggota dari kedua grup paduan suara tersebut membawa Gitabumi Shine Voices menjadi satu grup yang mencuri perhatian.

Grup Gitabumi Shine Voices terdiri dari total 41 anggota yang dipimpin oleh Tedy Eka sebagai konduktor. Anggota grup ini berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar, menengah, hingga universitas.

Keikutsertaan mereka sebagai salah satu delegasi terbaik di World Choir Games ke-12 ini menunjukkan kualitas vokal mereka yang luar biasa dan keunggulan artistik yang mengagumkan.

Perjalanan Gitabumi Shine Voice sampai ke Korsel

Perjuangan tim paduan suara dalam memenangkan kompetisi ini dimulai dari delapan bulan yang lalu.

Mereka telah mengadakan berbagai tahapan, termasuk audisi sejak September 2022, latihan dari 2 kota yang berbeda dan konser pra-kompetisi, sebelum akhirnya bertolak ke Korea Selatan pada awal Juli lalu.

Menurut Tedy yang merangkap sebagai vocal arranger untuk sebagian besar komposisi lagu yang dibawakan untuk lomba ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com