Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPID Kawasan Amerop Komitmen Bangun Indonesia meski dari Kejauhan

Kompas.com - 22/07/2023, 10:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Membangun Indonesia bisa dengan berbagai cara. Bahkan dapat pula dilakukan dari kejauhan. Seperti halnya komitmen Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia Kawasan Amerika-Eropa (Amerop).

Melalui kepengurusan yang baru PPIDK Amerop periode 2023-2024, mereka ingin tetap solid dan ikut andil dalam pembangunan Indonesia ke depan.

Hal itu diungkapkan Koordinator PPID Kawasan Amerop terpilih Ilham Catur Fhata disela kegiatan pemilihan koordinator PPIDK Amerop di Brussel-Belgia, Rabu (19/7/2023).

Pada kesempatan itu Ilham menjelaskan visi dan misinya dalam menjalankan roda pemerintahannya selama satu periode ke depan.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Ekosistem, PPI Dunia dan PT VDNI Tanam 1.000 Pohon

Harapannya, seluruh PPI Negara sekawasan Amerika Eropa tetap solid dan ikut andil dalam pembangunan Indonesia kedepan.

Ia mengumpamakan seperti pribahasa 'Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, lebih baik di negeri sendiri'.

"Walau bagaimanapun kelebihan di negeri orang, tetap negeri sendiri lebih baik. Maka dari itu kami tetap membangun Indonesia dari kejauhan," ungkap Ilham.

Ia mencontohkan di setiap PPI Negara akan memberikan diseminasi informasi beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri.

Tekankan tak ada ruang bagi pelaku politik praktis

Ilham juga menegaskan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan terselenggarakan yang mana banyak pelaku politik praktis mencoba masuk dari berbagai lini.

Baik itu partai politik dan organisasi-organisasi yang terafiliasi partai politik itu sendiri. Tetapi, tidak untuk organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Bagi pelajar Indonesia di luar negeri khususnya kawasan Amerika dan Eropa ilmu politik merupakan hal yang sudah dipahami dan dipelajari sejak mereka berorganisasi khususnya pada PPI.

Baca juga: PPI Bursa Gelar Budaya di Turki, Ditampilkan Tokoh Mitologi Indonesia

"Tempat dimana kita bertarung dan bertahan di dalam roda pemerintahan tersebut baik sebelum menjabat maupun sedang menjabat sebagai pemimpin organisasi," kata dia.

Dikatakan, disetiap PPI Negara khususnya kawasan Amerika Eropa tegas dalam mengatur AD/ART mereka untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan bersifat independen.

Agar tidak terjadinya kecemburuan sosial bagi pelaku politik baik dari kubu oposisi maupun pejabat pemerintahan sekarang.

Lantas, apa tugas pelaku politik Indonesia agar dapat meyakinkan para pelajar Indonesia di luar negeri?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com