Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UM Surabaya Buka Kuliah Gratis bagi Mahasiswa Difabel, Ini Syaratnya

Kompas.com - 14/07/2023, 20:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) membuka kesempatan beasiswa bagi difabel yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Jalur beasiswa ini masuk ke dalam 11 program unggulan UM Surabaya yang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Wakil Rektor III UM Surabaya, Ma’ruf Sya’ban mengatakan beasiswa difabel UM Surabaya hanya diperuntukkan untuk tunadaksa.

"Siswa difabel yang mendaftar harus melewati beberapa tahapan, di antaranya mengisi formulir pendaftaran, melakukan tes tulis hingga proses wawancara," kata dia mengutip laman UM Surabaya, Jumat (14/7/2023).

Ma’ruf mengatakan bagi pendaftar yang dinyatakan lolos akan dibebaskan biaya uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

Tidak hanya itu pendaftar yang lolos juga harus bersedia menandatangani kontrak dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI).

Lanjut dia mengatakan, beasiswa ini bisa diakses untuk semua jurusan di UM Surabaya, kecuali Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK).

Baca juga: Belum Lolos SMA Negeri, Ini 5 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Timur

Menurutnya, beasiswa ini sebagai bentuk komitmen UM Surabaya dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi seluruh komponen masyarakat tanpa membeda-bedakan kalangan.

Salah satunya dengan memberikan fasilitas kampus ramah difabel agar mahasiswa difabel dapat menjalankan perkuliahan dengan aman dan nyaman.

"Beberapa di antaranya telah lulus dan bekerja, semoga beasiswa difabel ini bisa memberikan manfaat dan dampak yang signifikan bagi diri sendiri terlebih kepada masyarakat," jelas dia.

Perlu diketahui, pendaftaran beasiswa ini telah memasuki gelombang 3 yang telah dibuka sejak 1 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Baca juga: 55 Perguruan Tinggi dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Untuk info selengkapnya bisa dilihat pada website resmi UM Surabaya di um-surabaya.ac.id atau menghubungi nomor official di 085852446337.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com