Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Terima 1.045 Calon Mahasiswa dari Jalur Seleksi Mandiri

Kompas.com - 14/07/2023, 18:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.045 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023.

Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai Jumat, 14 Juli 2023, pukul 16.00 WIB, melalui https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri.

Baca juga: 55 Perguruan Tinggi dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Pengumuman tersebut dapat diakses calon mahasiswa dengan menggunakan username dan password masing-masing peserta.

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, mulai 2023 ITB mengadakan Ujian Kemampuan Akademik secara daring bagi seluruh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Bersama dengan nilai rapor dan nilai UTBK SNBT 2023, hasil Ujian Kemampuan Akademik yang ditempuh peserta SM-ITB tersebut menjadi bagian dari pertimbangan ITB dalam menerima calon mahasiswa.

Tentu saja kompetensi akademik tetap menjadi satu-satunya kriteria yang digunakan ITB dalam menerima mahasiswa baru.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023, 1.045 orang calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB terdistribusi ke berbagai Fakultas/Sekolah yang tersedia, sesuai dengan pilihan masing-masing calon mahasiswa.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SM-ITB 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 18 Juli 2023 secara daring.

Calon mahasiswa yang lulus juga akan diminta untuk melakukan pelunasan biaya pendidikan pada tanggal 19 – 22 Juli 2023.

Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Calon mahasiswa ITB lulusan SM-ITB 2023 diharapkan untuk membaca dan memperhatikan secara seksama informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB, diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru ITB, serta akan mulai melaksanakan perkuliahan di tanggal 21 Agustus 2023.

Baca juga: Belum Lolos SMA Negeri, Ini 5 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Timur

Jadwal dan informasi mengenai program Penyambutan Mahasiswa Baru ITB, termasuk kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai, dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/pmb.

Seperti pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2023 ITB tetap memberikan dukungan terhadap usaha-usaha peningkatan ketahanan nasional, terutama di bidang-bidang ketahanan industri dasar, ketahanan pangan, ketahanan bencana, dan ketahanan atas perubahan iklim.

ITB berpendapat bahwa bidang-bidang ketahanan nasional tersebut merupakan permasalahan global yang akan dihadapi di masa depan.

Sebagai bagian dari solusi yang ditawarkan ITB, ditetapkan beberapa program studi tertentu sebagai Program Studi Strategis Nasional, karena bidang kajian di program-program studi tersebut merupakan bidang yang secara langsung mendukung bidang-bidang ketahanan nasional di atas.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun akademik 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor.

Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2023/2024 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan berkegiatan di ITB Kampus Jatinangor.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Oleh karena itu, ITB menghimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com