Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UIN Jakarta Jalin Kerja Sama dengan UIII pada 6 Bidang

Kompas.com - 12/07/2023, 11:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan UIN Jakarta sepakat bekerjasama mengakselerasi program-program akademik dalam kerangka tri darma perguruan tinggi.

Kesepakatan kerja sama dilaksanakan di Gedung Rektorat Kampus I UIN Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: 6 Tips Kuliahkan Anak bagi Orangtua Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Penandatanganan kerja sama dilakukan pimpinan kedua universitas, Rektor UIII Prof. Komaruddin Hidayat dan Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar.

Sedangkan kerja sama dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara UIII dan UIN Jakarta Nomor 07 tahun 2023 dan Nomor B-1646 tahun 2023 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Tidarma Perguruan Tinggi.

Sejumlah pimpinan dari kedua perguruan tinggi juga hadir menyaksikan penandatanganan.

Di antaranya, Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Jakarta Din Wahid dan Vice-Rector for Research, Cooperation, and Community Engagement UIII Prof. Jamhari Makruf.

Merujuk nota kesepahaman yang ditandatangani, ruang lingkup kerjasama yang akan direalisasikan merangkum setidaknya enam bidang.

Keenamnya adalah penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan kolaborasi riset, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya, peningkatan, pengembangan kompetensi SDM, dan pelatihan, peningkatan dan pengembangan tata kelola perguruan tinggi, peminjaman dosen dan lainnya.

Baca juga: Teliti Manfaat Jahe, Shirly Raih Gelar S3 di UI dengan IPK 3,99

Merespons inisiasi kerja sama ini, Rektor Asep Jahar mengapresiasi positif dan berharap jalinan kerjasama kedua perguruan tinggi ini bisa mengakselerasi pengembangan akademik masing-masing.

Menurut dia, UIII maupun UIN Jakarta memiliki spirit yang sama dalam memperkuat kajian keislaman dan keilmuan melalui perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Terlebih, sambungnya, UIII dan UIN Jakarta memiliki cukup banyak kedekatan.

Selain sama-sama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Rektor dan pengajar UIII hampir sebagian diantaranya berasal dari UIN Jakarta.

"Dengan spirit internasionalisasi dan penguatan kajian keilmuan dan keislaman, semoga kerjasama yang terbangun antara UIII dan UIN Jakarta segera terealisasi dan pengembangan akademik masing-masing terus diakselerasi," ujar dia.

Rektor Komarudin Hidayat menuturkan, inisiatif kerja sama dilakukan karena UIN Jakarta maupun UIII memiliki jalinan intelektual yang sama sehingga diharapkan kerjasama bisa direalisasikan maksimal.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

"UIII intellectually tidak bisa dipisahkan dari UIN Jakarta," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com