Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian SMUP Unpad Jalur Mandiri Diikuti 18.589 Peserta

Kompas.com - 09/07/2023, 07:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan ujian SMUP Jalur Mandiri untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan secara daring, Sabtu (8/7/2023) dan Minggu (9/7/2023).

Pada SMUP Unpad 2023 kali ini, ada sebanyak 18.589 peserta mengikuti ujian.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas mengatakan, dalam satu hari, pelaksanaan ujian terbagi ke dalam dua sesi, sehingga total pelaksanaan ujian digelar sebanyak empat sesi.

Setiap sesi diikuti oleh 4.600 peserta dengan total jumlah pengawas sebanyak 200 orang. Anas mengungkapkan, masih banyak peserta yang belum melakukan instalasi aplikasi ujian.

Baca juga: Cara Cek Hasil PPDB Jakarta 2023 SMA/SMK Tahap 2, Diumumkan Sore Ini

Banyak peserta belum lakukan instalasi

Padahal, Unpad sudah memberikan waktu untuk proses simulasi dan verifikasi perangkat peserta ujian pada 5 dan 6 Juli 2023 lalu.

Proses tersebut semestinya menjadi kesempatan bagi peserta untuk melakukan instalasi aplikasi ujian serta mengetahui tata tertib dan lokasi virtual ujiannya.

Anas mengingatkan, ada kerugian yang akan diterima peserta apabila belum melakukan instalasi aplikasi ujian.

Salah satunya adalah tidak ada tambahan waktu ujian bagi peserta yang belum menginstalasi aplikasi.

"Ada banyak pagi ini peserta yang sama sekali belum menginstal aplikasi yang kita inginkan dan belum membaca tata tertib dan segala macamnya, tapi kami tetap berkomitmen untuk melayani mereka," beber Anas seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (8/7/2023).


Baca juga: Belum Lolos SMA Negeri, Ini 5 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Timur

Jika lolos, peserta SMUP Unpad jangan lupa daftar ulang

Panita mengingatkan seluruh peserta ujian, khususnya mereka yang tidak ikut proses simulasi dan verifikasi, untuk membaca tata tertib pelaksanaan ujian SMUP Jalur Mandiri.

Informasi aplikasi, perangkat yang dibutuhkan, hingga tata tertib ujian dapat dibaca di laman https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.

Anas menambahkan, Unpad tetap melaksanakan ujian SMUP Jalur Mandiri dengan menggunakan metode daring.

Metode ini dipilih untuk memberikan akses sebesar-besarnya kepada lulusan SMA/sederajat dari seluruh wilayah di Indonesia untuk bisa berpartisipasi.

"Sehingga kita harapkan kita bisa menjaring yang potensial secara akademik, meskipun dari pelosok, kita harapkan mereka bisa mendaftar dan bersekolah di Unpad," tandas Anas.

Baca juga: Beasiswa Paragon bagi D4/S1, Ada Uang Saku Rp 6 Juta Per Semester

Melalui ujian ini, Unpad diharapkan dapat menjaring peserta yang memiliki potensi akademik baik sehingga bisa menjadi bagian dalam aktivitas pembelajaran.

"Yang terpenting, jika sudah lolos seleksi, silakan untuk mendaftar kembali," tutup Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com