Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Baru, Kembangkan 4 Skill Ini agar Kuliah Lancar

Kompas.com - 02/07/2023, 15:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulus dari jenjang SMA dan masuk ke bangku perkuliahan bisa menjadi waktu yang paling ditunggu bagi calon mahasiswa baru.

Melepas seragam putih abu-abu dan masuk ke jenjang baru yang lebih tinggi terasa menyenangkan bagi sebagian pelajar.

Berbeda dengan masa sekolah, saat menjadi mahasiswa, pelajar akan menemukan banyak pengalaman dan bertemu dengan orang-orang yang lebih beragam. Di kampus, mahasiswa juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan diri dan membangun relasi yang lebih luas.

Baca juga: Cari Kerja di Era Digital, Fresh Graduate Perlu Kuasai 5 Skill Ini

Sebelum periode perkuliahan dimulai, ada beberapa skill yang perlu dikembangkan oleh calon mahasiswa baru agar dapat mendukung kelancaran pembelajaran selama kuliah.

Melansir laman Instagram @bp3_kemdikbud, ada 4 kemampuan yang perlu dikembangkan oleh calon mahasiswa baru sebelum masuk ke masa perkuliahan. Keempat kemampuan perlu dimiliki tersebut oleh mahasiswa karena akan banyak digunakan selama periode perkuliahan.

Berikut 4 skill yang perlu dikembangkan calon mahasiswa baru sebelum masuk kuliah.

1. Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis dengan baik dan benar merupakan hal dasar yang sangat diperlukan selama masa perkuliahan.

Kemampuan menulis ini sangat penting bagi mahasiswa dalam mengerjakan berbagai tugas kuliah, seperti membuat laporan, resume, makalah, hingga untuk mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Kamu bisa mulai mengembangkan kemampuan menulis dengan menuliskan kegiatan sehari-hari ke dalam buku atau catatan digital. Buatlah catatan secara rutin agar kemampuan menulis semakin berkembang. Kamu juga dapat menulis ulasan dari buku-buku atau film yang kamu tonton.

Baca juga: Beasiswa Baznas bagi Mahasiswa D4-S1, Subsidi hingga Rp 3 Juta Per Semester

2. Kemampuan public speaking

Selama masa perkuliahan, mahasiswa akan melakukan banyak presentasi di depan kelas. Untuk itu, public speaking yang baik sangat diperlukan bagi mahasiswa.

Mulailah berlatih berbicara agar tidak mudah grogi saat harus melakukannya nanti. Cobalah untuk mulai berbicara dengan intonasi yang tepat.

Rekam suaramu saat berbicara dan dengarkan baik-baik. Carilah hal yang menurutmu tidak tepat, misalnya cara bicara yang terlalu cepat atau suara yang dikeluarkan terlalu pelan.

Berlatih berbicara di hadapan orang-orang terdekat, seperti orangtua, keluarga, atau teman-teman dapat meningkatkan kemampuan public speaking dan juga kepercayaan diri.

Baca juga: Riset: Perusahaan Semakin Utamakan Skill Ketimbang Kualifikasi di CV

3. Kemampuan komputer dasar

Memahami cara mengoperasikan aplikasi komputer yang sering digunakan, seperti Microsoft Office, Powerpoint, dan Excel merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat ini.

Selama masa studi, mahasiswa akan sering menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengerjakan tugas makalah, membuat presentasi, hingga mengolah data.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com