Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmu Komunikasi UPNVJ Jadi Prodi IPS Paling Diminati di SNBT 2023

Kompas.com - 02/07/2023, 12:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta berada di peringkat 6 pada daftar 10 besar prodi terbanyak diminati dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023.

Prodi tersebut juga menjadi prodi bidang sosial humaniora (soshum) paling diminati urutan kedua setelah prodi Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) .

Dari sekian banyak ilmu sosial yang menjadi pilihan calon mahasiswa, Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta dan Psikologi UGM bersama-sama menjadi yang paling diminati.

Namun, khusus untuk prodi Ilmu Komunikasi saja, UPNVJ menjadi pilihan favorit nomor 1 di Indonesia.

Baca juga: 7 Beasiswa S1, S2, S3 ke Luar Negeri, Pendaftaran Juli-November 2023

Rektor UPN Veteran Jakarta, Dr. Anter Venus menyatakan bahwa keberhasilan tersebut telah membuktikan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap UPN Veteran Jakarta.

"Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada UPNVJ sudah sangat tinggi, khususnya terhadap Ilmu Komunikasi UPNVJ. Ini luar biasa. Kepercayaan ini tentu harus terus dijaga," kata Venus dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Hal senada diungkapkan Kepala program studi (prodi) S1 Ilmu Komunikasi Dr. Fitria Ayuningtyas. Menurutnya, nama UPN Veteran Jakarta sudah berkibar dan terkenal di seluruh Indonesia, dan bahkan sudah mulai mendapat perhatian di level internasional.

"Semua ini merupakan prestasi luar biasa hasil kerja hebat semua pihak, baik itu dosen, tendik, mahasiswa, alumni dan para pengguna lulusan serta tentunya tidak terlepas dari dukungan yang luar biasa dari pimpinan," ujar Fitria.

Berbekal momentum positif, Venus menegaskan bahwa UPN Veteran Jakarta berkomitmen menyelenggarakan pendidikan bermutu standar internasional. Salah satu yang dilakukan adalah mengikuti proses akreditasi internasional, di mana Ilmu Komunikasi juga termasuk di dalamnya.

Keikutsertaan ini diharapkan dapat berbuah akreditasi unconditional untuk menunjukkan bahwa prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta betul-betul sudah menuju standar minimal akreditasi internasional.

Baca juga: Untirta Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2023, Kuota Capai 953

"Mendapatkan akreditasi internasional merupakan peluang bagi kita untuk terus meningkatkan mutu, sehingga betul-betul memenuhi standar akreditasi internasional tersebut," ucap Venus.

Selain itu, Venus juga menyerukan kepada seluruh sivitas akademika UPN Veteran Jakarta untuk terus berbenah dan memastikan mutu pembelajaran saat ini memang betul-betul unggul. Hal ini yang meliputi mutu kurikulum, kualifikasi dosen, pembaruan pengetahuan, sarana laboratorium, keterampilan mahasiswa dan lain sebagainya.

"Kita akan terus melakukan re-evaluasi pembelajaran, untuk memastikan bahwa kita memang menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dengan orientasi internasional," pungkas Venus.

Sementara itu, UPN Veteran Jakarta juga masuk dalam daftar 20 besar perguruan tinggi negeri dengan pendaftar terbanyak tahun ini. UPNVJ berada di peringkat 16 dengan 32.858 pendaftar.

Dari total tersebut, salah satu pendaftar di UPNVJ berhasil diterima dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi. Pendaftar tersebut berasal dari program S1 Kedokteran UPNVJ dengan nilai 811,81.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com