Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Alumnus Teknik Sipil ITK Jadi PNS di Kementerian PUPR

Kompas.com - 01/07/2023, 14:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Alumnus Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan (ITK) berbagi cerita menarik sebagai PNS Ahli Pertama Teknik Jalan dan Jembatan di Kementerian PUPR.

Dia adalah Meilinda Atika Rachman, S.T., M.T. Meilinda sendiri merupakan angkatan pertama di ITK, tahun pertama sampai tahun ke 3 berkuliah di ITS.

Sehingga harus banyak menimba ilmu dan mempersiapkan banyak hal sebelum kembali ke Balikpapan.

"Pekerjaan sekarang linier dengan jurusan yang diambil pada saat kuliah yaitu teknik sipil, tetapi lebih spesifik di bidang jalan dan jembatan," ujarnya dikutip dari laman ITK, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Tertarik Kuliah di ITK? Cek 5 Prodi Favorit dan Prospek Kerjanya

Maka dari itu, ilmu yang didapatkan pada saat kuliah masih digunakan sampai saat ini untuk menunjang pekerjaan saat ini di Kementerian PUPR.

Kini, dia bekerja di Kementerian PUPR, Dirjen Bina Marga, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur di Bidang Pembangunan.

Melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan yang berada di bawah wewenang Kementerian PUPR serta melaksanakan monev terkait pembangunan jalan dan jembatan yang berada di bawah wewenang kemen PUPR di Kalimantan Timur.

Sedang tantangan pekerjaan ialah bekerja di bawah Bidang Pembangunan yang saat ini harus fokus untuk percepatan pembangunan di IKN utamanya untuk jalan tol, jalan nasional dan jembatan.

Selain itu juga tetap harus memperhatikan pembangunan jalan nasional dan jembatan di luar IKN di seluruh wilayah di Kalimantan Timur.

Ia berharao mahasiswa ITK mampu bersaing dengan mahasiswa atau mahasiswi dari perguruan tinggi lain dan mampu menunjukkan kalau lulusan dari ITK juga memiliki soft skill dan hard skill yang baik.

Baca juga: Pelampung Wahana Buoy Inovasi Dosen ITK Bisa Monitoring Tsunami

"Jangan males untuk upgrade diri untuk menjadi lebih baik," tutur Meilinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com