Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus Masuk UI Jalur UTBK SNBT 2023? Ini Info Daftar Ulangnya

Kompas.com - 22/06/2023, 11:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dari total 59.177 peserta yang mendaftar ke Universitas Indonesia (UI), sebanyak 3.088 orang calon mahasiswa lolos penerimaan masuk melalui jalur UTBK SNBT 2023.

Mengutip laman UI, Kamis (22/6/2023) memberitahukan bahwa pada pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di UI, program studi (prodi) yang paling diminati adalah prodi Ilmu Psikologi, yaitu sebanyak 3.490 pendaftar dari rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum).

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Sementera itu, prodi lain dari rumpun ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan (Saintek) adalah Pendidikan Dokter, yaitu sebanyak 3.827 pendaftar.

Para peserta yang dinyatakan lolos UTBK SNBT 2023 di UI, maka akan melewati empat tahap, yaitu:

  • Pra-registrasi
  • Evaluasi dan penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Pembayaran biaya pendidikan
  • Registrasi akademik.

Bagi para calon mahasiswa baru yang telah mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), dapat melakukan pra-registrasi pada 21-30 Juni 2023.

Pra-registrasi ini dilakukan melalui laman http://pra-registrasi.ui.ac.id/ dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi.

Setelah berhasil login, ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap, dan unggah dokumen sesuai yang diminta.

Calon mahasiswa baru yang tidak melakukan Pra-Registrasi dengan lengkap, akan dinyatakan tidak menyelesaikan tahap pra-registrasi dan tidak diperkenankan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Sebelum melakukan pembayaran, UI menerapkan kebijakan penetapan besaran biaya pendidikan UKT secara berkeadilan.

Hal ini berdasarkan data dan hasil evaluasi kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan. Tahapan ini hanya dapat dilakukan setelah menyelesaikan tahapan pra-registrasi.

Baca juga: Jalur Mandiri UB 2023 Dibuka, Bisa Pakai Nilai Rapor dan UTBK 2023

Calon mahasiwa diwajibkan melakukan pengisian data dan mengunggah berkas yang sesuai pada halaman Sistem Informasi UKT https://ukt.ui.ac.id/.

Pengisian data dilakukan secara online mulai 26 Juni 2023. Bagi calon mahasiswa pendaftar program KIP Kuliah, tetap diwajibkan melakukan tahap evaluasi dan penetapan UKT sebagai bagian dari seleksi KIP Kuliah UI.

Setelah menyelesaikan dua tahapan di atas, calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan secara host to host atau dapat juga dilakukan melalui ATM atau Teller Bank.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru yang telah menyelesaikan pra-registrasi dan melakukan pembayaran biaya pendidikan akan diregistrasikan secara otomatis sebagai mahasiswa baru, serta mendapatkan username dan password SSO UI untuk registrasi akademik yang akan dikirimkan melalui e-mail.

Baca juga: 10 Prodi Terketat pada Ajang UTBK SNBT 2023

Informasi lebih lengkap terkait dengan pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang lolos UTBK SNBT 2023 dapat dilihat pada laman http://penerimaan.ui.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com